Beranda » Umroh » 5 Tutorial Lengkap Cara Mengecek Visa Umroh Dan Tipsnya

Di era digital seperti sekarang ini segala sesuatu dipermudah tidak terkecuali untuk cara mengecek visa umroh. Para jemaah haji berbekal dengan teknologi yang maju kini tidak perlu khawatir akan gagal umrah. Pasalnya, banyak para calon jemaah umroh yang gagal berangkat karena visanya belum terdaftar di Saudi Arabia.

Cara Mengecek Visa Untuk Umroh Secara Online

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempermudah para jemaah untuk mengecek visa mereka secara online. Terlebih lagi bagi yang mempercayakan segala sesuatunya kepada biro perjalanan umroh. Berikut adalah lima tutorial lengkap untuk mengecek visa umroh.

1. Masuk Situs Umroh E-services

Hal pertama yang perlu untuk dilakukan adalah masuk ke situs e-service umroh. Situs ini dapat diakses di halaman https://eservices.haj.gov.sa/eservices3/pages/VisaPaymentinquiry/VisaInquiry.xhtml?dswid=-1514 atau dapat pula masuk ke http://bit.ly/2ORhiOa. Setelah masuk ke situs tersebut, kemudian ikuti langkah selanjutnya. Situs ini adalah situ resmi dari pemerintah Arab Saudi.

2. Masukkan Nationality/Kebangsaan

Langkah selanjutnya adalah mengisi form yang telah disediakan situs. Kolom yang pertama dapat diisi adalah kolom Nationality. Pada kolom ini masukkan negara asal seperti Indonesia contohnya.

3. Masukkan Nomor Paspor

Kemudian, pindah ke kolom selanjutnya dimana diminta untuk memasukkan nomor paspor. Sedangkan untuk letaknya dapat ditemukan di halaman paspor tepatnya di pojok kanan. Masukkan nomor tersebut dengan benar untuk mengetahui apakah visa umroh sudah terdaftar atau belum.

4. Ketikkan Captcha Yang Tertera

Setelah melakukan beberapa hal di atas maka dilanjutkan dengan memasukkan captcha yang ada. Captcha ini bertujuan untuk mengetahui apakah informasi yang akan diakses diakses oleh robot atau manusia. Dapat pula dikatakan sebagai antisipasi agar data yang ada tidak bocor ke tangan robot atau mesin.

Captcha sendiri untuk hurufnya dapat berupa huruf besar dan kecil. Oleh karena itu, pengguna harus lebih hati-hati dan teliti.

5. Pilih Search

Usai mengisi seluruh kolom isian yang tersedia dengan informasi yang benar kemudian klik search. Kini pengguna tinggal menunggu hasilnya. Cara mengecek visa umroh ini terbilang sangat mudah bukan? Setelah pilihan search akan muncul kotak dialog Visa Information yang akan menjelaskan status visa.

Pada kotak dialog Visa Information juga menjelaskan visa yang digunakan terkena biaya atau tidak. Pasalnya, ada ketentuan terbaru dari Saudi Arabia yang mengenai biaya tambahan visa progresif. Namun, biaya sebesar 2000 SR ini biasanya dikenakan kepada jemaah yang sudah pernah umroh sebelumnya. Untuk tahun umrohnya terhitung mulai dari tahun 2013.

Tips Mengecek Visa Umroh

Sebelum melakukan pengecekan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu dalam proses pengecekan. Berikut adalah tips mengecek visa umroh yang perlu diketahui.

1. Siapkan Paspor

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah paspor. Hal ini karena informasi visa dapat dilacak melalui nomor paspor. Jarang sekali orang yang hafal dengan nomor parpornya. Oleh karenanya, siapkan paspor dan buka halaman tempat nomor paspor itu berada. Akibatnya, ketika mengisi kolom nomor, nomor paspor sudah tersedia.

2. Siapkan PC

Untuk mengakses situs pengecekan visa usahakan menggunakan PC. Hal ini hanya untuk mempermudah proses pengecekan.

3. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Pastikan koneksi internet yang digunakan lancar. Kendala pada koneksi jaringan internet dapat menghambat proses pengecekan visa umroh.

Tutorial cara mengecek visa umroh di atas sangatlah mudah untuk dilakukan. Tak hanya itu, pastikan segala sesuatunya siap tersedia seperti yang telah dijabarkan pada tips.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.