Beranda » Wisata Bandung » Wisata Bandung Utara » Air terjun tersembunyi Curug malela Bandung

Curug Malela Bandung merupakan salah satu tempat wisata di Bandung. Tempatnya yang tersembunyi membuat tak banyak orang mengetahui keberadaannya. Namun, disisi lain, tempat ini tetap terjaga kelestariannya dan terjaga kebersihannya. 

Curug ini terletak di perbatasan kabupaten Cianjur dan kabupaten Bandung, Jawa Barat. Namun, lebih tepatnya terletak di kampung Manglid, desa Cicadas, kecamatan Rongga, kabupaten Bandung. Berikut adalah akses ke Curug Malela.

Harga Tiket Masuk Curug Malela Bandung

Tiket wisata air terjun ini dipatok dengan harga 5.000 rupiah per orang dimana belum termasuk biaya parkir. Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri, kendaraan roda empat wajib membayar 8.000 rupiah dan untuk kendaraan roda dua sebesar 5.000 rupiah. Curug ini sendiri buka setiap hari pada pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

Rute Menuju Curug Malela

Rute untuk kendaraan pribadi dapat melalui Bandung atau Cimahi menuju ke Gunung Halu. Setelah itu, ambil arah ke desa Buni Jaya dimana untuk sampai ke curug harus menempuh 5 km dari desa tersebut. Sedangkan dari kecamatan Rongga jarak tempuh kurang lebih 13 km.

Untuk para wisatawan yang belum pernah ke curug Malela Bandung, lebih baik bertanya kepada warga untuk rutenya. Hal ini karena jalan dan rute yang tak biasa sehingga dikhawatirkan para wisatawan baru tersesat. Selain itu, kendaraan hanya dapat berhenti di tempat parkir dan untuk ke curug harus ditempuh dengan jalan kaki.

Untuk dapat sampai ke Curug Malela, para pengunjung dapat yang tidak mau berjalan kaki dapat menaiki ojek dengan membayar 100.000 rupiah. Sedangkan untuk jalannya sendiri yang ditempuh sangat terjal dan berkelok. Selain itu, terdapat jalan berkelok serta tanjakan dan turunan curam dengan kemiringan mencapai 60 derajat. Pejalan kaki pun harus menempuh 2 jam kesana.

Daya Tarik Yang Dimiliki Curug Malela

Keindahan tersembunyi air terjun ini menjadikannya incaran banyak wisatawan karena di tempat seperti inilah mereka dapat menyegarkan hati dan pikiran. Berikut adalah pesona keindahan Curug yang membuatnya berbeda dengan yang lain dan nampak sangat indah:

1. Ketinggian Curug Malela Mencapai 70 Meter

Curug Malela Bandung memiliki ketinggian sekitar 60 sampai 70 meter. Namun, curug ini memiliki lebar sekitar 50 meter. Curug ini memiliki air yang sangat deras dan dingin. Oleh karena itu, siapkanlah pakaian ganti jika ingin berdiri tepat di bawah derasnya air mengalir di curug ini.

2. Pancuran Curug Yang Banyak Berjejeran

Pancurannya yang tidak hanya satu dan saling berjejeran membuatnya nampak seperti air terjun Niagara di Amerika. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke curug ini dan kemudian menyebutnya sebagai Niagara kecil atau Niagaranya Cianjur. Keindahannya yang memanjakan mata membuat banyak orang terpikat dan ingin mengunjunginya lagi.

3. Kederasan Air Di Curug Malela

Derasnya air curug menjadikan kubangan air atau kolam dibawahnya sehingga para pengunjung dapat berenang. Namun, kedalaman kolam ini mencapai 2 meter sehingga tidak disarankan bagi mereka yang tidak bisa berenang. Dasar kolam curug ini berupa tanah dan bebatuan.

4. Terdapat Binatang Monyet Sekitar Curug

Para pengunjung jika beruntung dapat melihat monyet yang turun dari pohon untuk meminum air dari curug. Curug atau air terjun Malela ini dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun atau bisa dikatakan sebagai hutan. Oleh karena itu, tak heran jika bayak hewan dari hutan yang berlalu lalang.

Tak banyak para wisatawan yang datang mengajak foto hewan yang berlalu lawang di air terjun ini. Bagi mereka, ini adalah keindahan alami yang masih lestari dan terjaga berikut dengan hewan-hewan yang disekitarnya. Tak lupa mengingatkan kembali akan keindahan curug ini yang dapat juga dijadikan bahan pengisi di instagram.

5. Warung Dan Hotel Dekat Dengan Tempat Wisata

Keindahan curug disertai dengan fasilitas yang ada di sekitarnya membuat para wisatawan tak ragu untuk datang kemari. Meskipun fasilitas yang ditawarkan tidak seindah dan semewah tempat-tempat wisata lain, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Disini terdapat toilet umum, area parkir yang luas serta warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Di sekitaran curug terdapat penginapan berupa villa atau kamar yang disewakan oleh penduduk setempat. Sedangkan, jika ingin menginap di hotel dengan jarak sekitar 5 km dari curug, berarti siap mengeluarkan 200.000 hingga 800.000 rupiah. Curug Malela ini sangat cocok dikunjungi dimusim kemarau karena tidak memiliki debit air yang cukup deras.

Demikian informasi mengenai curug Malela Bandung, air terjun yang tersembunyi keindahannya. Semoga artikel ini dapat digunakan sebagai referensi berlibur di Bandung. Selamat berlibur.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.