Beranda » Umroh » Apa Itu Jabal Uhud Madinah Dan Fakta Uniknya Bagi Jamaah Umroh Dan Haji

Ketika melakukan umroh ke tanah suci, jamaah tidak hanya melakukan ibadah saja namun juga mengunjungi tempat-tempat yang bersejarah. Salah satu destinasi yang tidak pernah ketinggalan adalah Jabal Uhud Madinah. Berikut ini penjelasan singkat tentang destinasi wisata dan fakta unik yang harus diketahui.

Apa Itu Jabal Uhud?

Adalah sebuah bukit yang sangat bersejarah bagi umat Islam dan menjadi salah satu yang sering diziarahi oleh para jamaah haji dan umroh. Ketika berkunjung para jamaah bisa mengenang kembali sejarah perjuangan dari para syuhada dalam membela islam.

Uhud sendiri dulunya merupakan kawasan perang besar antara kaum muslim dengan kafir quraisy. Sebanyak 700 orang muslim melawan kaum musyik sebanyak 3000 orang. Akibat perang tersebut kaum muslim yang gugur sampai 70 orang syuhada dan dimakamkan di sana juga.

Fakta Unik Jabal Uhud

Setelah mengetahui secara singkat mengenai apa itu Jabal Uhud, masih ada beberapa fakta unik yang harus diketahui oleh para jamaah. Berikut ini fakta uniknya :

1. Gunung Tertinggi Di Madinah

Mungkin tidak semua orang bahwa sebenarnya Jabal Uhud Madinah merupakan sebuah gunung tertinggi di kota Madinah. Ketinggiannya mencapai sekitar 350 meter dan berada di sebelah utara Madinah. Terbentuk dari batu granat berwarna merah memanjang dari tenggara ke barat laut dengan panjang 7 km dan lebar 3 km.

2. Tidak Bersambungan Dengan Gunung Lainnya

Keunikan lainnya dari Jabal Uhud adalah tidak bersambungan dengan gunung lainnya. Hal ini tentu berbeda dengan gunung-gunung pada umumnya yang ada di Madinah. Oleh karena itu orang kemudian menyebut Jabal Uhud yang berarti bukit menyendiri. Hal ini tentu karena gunung atau bukit ini terpisah dengan gunung yang lainnya yang ada di Madinah.

3. Bukit Yang Dijanjikan Ada Di Surga

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh H.R. Bukhari menyebutkan bahwa salah satu bukit yang kelak ada di surga adalah Jabal Uhud. Untuk itulah bagi jamaah haji dan umroh jika ingin melihat bukit surga hendaknya berziarah ke bukit ini. Tidak heran jika para jamaah pasti akan selalu menyempatkan datang ke bukit ini untuk sekedar ziarah atau ingin naik ke puncak bukit.

4. Saksi Sejarah Perang Dahsyat Umat Islam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bukit atau gunung Uhud menjadi saksi atas perang yang terjadi pada 15 Syawal 3 Hijriah. Perang tersebut kemudian dikenal dengan sebutan perang Uhud dimana merenggut nyawa hingga 70 orang syuhada. Jamaah bisa berziarah di pemakaman syuhada yang terletak di kaki gunung bagian selatan.

Salah satunya jamaah akan menemukan makam Hamzah bin Abdul Muthalib yang merupakan paman dari Nabi Saw. Konon, hingga kini jasad dari Hamzah masih utuh meskipun sudah sangat lama perang yang menggugurkan beliau berlalu.

5. Banyak Ditemukan Pedagang Souvenir Dan Oleh-Oleh

Para jamaah yang berkunjung untuk berziarah dan berwisata religi di sana akan menemukan berbagai macam souvenir dan makanan khas Arab. Jamaah bisa memilih souvenir yang akan dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah seperti tasbih, perhiasan dan lain sebagainya. Sedangkan untuk makanannya sendiri salah satu yang tidak ketinggalan adalah kurma.

Nah itulah penjelasan dan fakta unik mengenai jabal uhud Madinah. Sebagai salah satu wisata religi tentu terdapat aturan baik itu tertulis maupun tidak yang harus ditaati oleh setiap jamaah. Untuk itulah para jamaah harus paham betul apa apa saja yang boleh dilakukan dan hal yang dilarang untuk dilakukan ketika mengunjungi bukit ini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.