Home » Umroh » Apa Saja Perlengkapan Umroh Untuk Wanita, Ini Informasinya

Pada umumnya, perlengkapan umroh untuk wanita maupun pria hampir sama, hanya beberapa saja yang membedakannya. Kebutuhan umroh ini harus dipersiapkan jauh-jauh hari, jangan terlalu mendadak. Apa saja perlengkapan umroh yang wajib dibawa oleh kaum wanita?

1. Pakaian Ihram

Perlengkapan utama dan wajib yang harus dibawa adalah pakaian atau kain ihram. Cuaca di Mekkah cukup terik dan membuat tubuh menjadi lebih berkeringat. Maka dari itu bawalah pakaian ihram cadangan untuk mengantisipasinya.

Bawalah sekitar 2-3 set kain ihram agar tetap nyaman dalam memakainya selama menjalankan umroh disana. Meskipun diperbolehkan menggunakan warna selain putih, namun kain ihram sebaiknya warna putih. Selain karena terlihat lebih suci, juga tidak menyerap panas matahari.

2. Mukena, Sajadah, Hijab dan Pakaian Gamis

Perlengkapan umroh untuk wanita selanjutnya adalah mukena. Meskipun disana terdapat mukena, namun disarankan untuk membawa mukena sendiri. Selain nyaman karena menggunakan milik sendiri, juga tidak perlu antri dalam menggunakannya. Untuk sajadah, bawalah sajadah yang tipis dan bisa digunakan secara multifungsi.

Sajadah tersebut selain bisa digunakan sebagai alas untuk sholat, bisa juga dijadikan sebagai pelindung kepala. Terlebih ketika hendak menjalankan aktivitas outdoor dari rangkaian kegiatan umroh

Disisi lain, ketika hendak sholat atau berjalan-jalan di luar gunakanlah pakaian gamis. Bawalah gamis yang menutup aurat dan warnanya tidak terlalu terang. Kebutuhan pakaian gamis ini bisa disesuaikan dengan kebiasaan di rumah.

Jangan lupa juga untuk membawa hijab cadangan yang bisa disesuaikan dengan kebiasaan pada saat di rumah. Bawalah dengan melebihkan 2-3 potong hijab dari kebiasaan di rumah, mengingat disana cuaca lebih terik dan tentunya mudah kotor. Bawalah hijab yang bahannya tidak panas ketika digunakan.

3. Baju Tidur

Gunakanlah baju tidur yang sopan dan tidak memperlihatkan aurat. Disisi lain, perhatikan juga kenyamanan dalam menggunakannya. Jika tidur di tenda, pastikan baju tidur yang digunakan tidak mudah tersingkap pada saat tidur. Disarankan untuk menggunakan celana panjang ketika tidur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Jaket, Kaos Kaki, Sepatu atau Sandal

Untuk berjaga-jaga apabila suhu di tanah suci turun secara drastis pada malam hari, bawalah barang untuk membantu menghangatkan tubuh. Adapun yang perlu dipersiapkan adalah jaket atau sweater tebal, kaos kaki tebal yang panjang.

Pemilihan sepatu atau sendal bisa disesuaikan dengan gaya masing-masing. Jika lebih menyukai yang praktis, bawalah sandal yang nyaman dan ringan digunakan. Agar kaki tidak terasa panas, bisa menggunakan model sandal selop. Jangan lupa juga untuk membawa tas plastik untuk menyimpan sandal ketika sholat agar tidak hilang ataupun tertukar.

5. Perlengkapan Mandi

Jika termasuk orang yang tidak terlalu menyukai barang yang digunakan secara bersama-sama, termasuk perlengkapan mandi. Bawalah perlengkapan mandi sendiri agar lebih nyaman dan sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya perlengkapan mandi dijadikan dalam 1 tas kecil yang berbeda agar lebih praktis.

Pemilihan ukuran handuk juga cukup penting disini. Pilihlah handuk berukuran sedang agar tidak terlalu menambah beban barang bawaan. Letakkan handuk tersebut berdekatan dengan peralatan mandi, sehingga akan mempermudah dalam mencarinya.

6. Perlengkapan Kecil

Adapun yang masuk pada perlengkapan kecil namun tetap wajib dibawa adalah barang-barang kecil yang bisa ditaruh di tas selempang kecil. Contoh perlengkapan umroh untuk wanita yang dibawa adalah pantyliner. Selain itu bawa juga kacamata hitam, sunblock, masker, obat-obatan dan lain sebagainya. Bawalah keperluan medis sesuai kebutuhan, mengingat disana terkadang ada yang tidak cocok dengan pengobatannya.

Agar ibadah umroh berjalan dengan lancar, persiapkanlah perlengkapan umroh untuk wanita sebaik mungkin dan selengkap mungkin. Jangan sampai ada yang terlewatkan, terutama adalah barang-barang yang digunakan pada acara inti dan kebutuhan medis masing-masing.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.