Home » Umroh » Apa Saja Perlengkapan Umroh Wanita 12 Hari

Ibadah umroh atau biasa disebut haji kecil merupakan rangkaian ibadah yang sama dengan haji hanya saja tidak ada wukuf. Bagi kaum hawa yang ingin melaksanakan ibadah ini, tentu saja harus memiliki beberapa persiapan yaitu meliputi persiapan jasmani dan rohani. Selain itu, perlengkapan yang dibawa juga harus lengkap dan jangan sampai ada yang tertinggal sehingga menghilangkan fokus ibadah yang akan dilakukan. Berikut ini beberapa perlengkapan umroh wanita 12 hari :

1. Mukena

Mukena di sini fleksibel bisa yang terusan maupun potongan. Tetapi pada umumnya jamaah umroh disana hanya memakai atasan mukena, rok bawahan yang di pakai serta memakai kaos kaki. Bahkan ada yang memakai baju atasan dan bawahan yang di pakai saja tanpa memakai mukena asalkan sudah menutupi aurat. Adapun jumlah mukena yang dibawa satu saja cukup. Alangkah baiknya sedia payung sebelum hujan yaitu berjaga-jaga membawa dua mukena.

2. Baju Putih Untuk Ihram

Baju putih untuk ihram cukup membawa satu saja, karena udara disana sangat kering sehingga kemungkinan jarang berkeringat. Dengan demikian, jika hari selanjutnya ingin memakai baju ihram kembali maka bisa memakai baju ihram yang sebelumnya. Jadi, hanya cukup membawa satu baju ihram saja.

3. Baju Bepergian

Jumlah baju bepergian yang di bawa fleksibel yaitu sesuai jadwal di sana. Perlu diketahui bahwa di sana tidak seperti di Indonesia. Jadi, baju yang di pakai seharian pun tidak akan bau karena terkena keringat.

4. Baju Tidur Dan Pakaian Dalam

Baju tidur yang dibawa saat umroh disarankan baju tidur yang panjang atau biasa disebut daster. Hal tersebut memudahkan jamaah yang hendak shalat tahajjud sehingga tidak perlu memakai mukena. Adapun jumlah baju tidur yang perlu di bawa pada saat umroh 12 hari yaitu sebanyak 5 hingga 6 pcs saja.

Pakaian dalam juga termasuk salah satu perlengkapan umroh wanita 12 hari.  Pakaian dalam yang dibawa disarankan 6 hingga 8 set insyaAllah cukup pada saat melaksanakan umroh 12 hari.

5. Kaos Kaki Dan Jaket

Kaos kaki dan jaket digunakan pada malam hari karena cuaca di sana sangat dingin. Selain itu, kaos kaki juga di gunakan untuk sholat saat tidak memakai mukena. Adapun jumlah jaket yang dibawa cukup satu dan kaos kaki kurang lebih 5 hingga 8 pcs bagi yang tidak membawa mukena.

6. Perlengkapan Make Up

Perlengkapan make up yang perlu di bawa yaitu perlengkapan make  up yang biasa di pakai. Adapun perlengkapan make up yang paling penting yaitu sunscreen, sunblock ataupun pelembap lain yang bisa melindungi kulit dari pancaran sinar matahari karna cuaca disana sangat kering.

7. Perlengkapan Mandi

Alat mandi yang perlu di bawa yaitu sabun, shampoo, pasta gigi, sikat gigi dan facial wash. Adapun handuk biasanya sudah disediakan oleh hotel tempat menginap.

8. Pembalut Dan Pantyliner

Kedua perlengkapan ini digunakan untuk mensiasati bagi jamaah umroh yang membawa pakaian dalam sedikit. Karena dengan memakai pentyliner dapat meminimalisir dari najis yang keluar dari kemaluan wanita. Selain itu, pembalut juga digunakan untuk mengantisipasi apabila datang bulan karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di sana.

9. Al Quran Kecil Dan Sajadah

Sajadah sangat berguna jika jamaah tidak mendapatkan tempat saat hendak melaksanakan shalat sehingga hanya bisa di pelataran saja karena terlalu banyak orang.

10. Obat-Obatan Pribadi, Kacamata Dan Masker

Obat yang perlu dibawa yaitu obat untuk penyakit yang biasa di derita jamaah, misalnya obat maag bagi jamaah yang mempunyai penyakit maag, obat asma bagi jamaah yang menderita asma, obat flu, obat batuk dan lain sebagainya. Sementara kacamata dan masker digunakan untuk melindungi jamaah dari pancaran sinar matahari serta debu.

Nah, itu adalah pembahasan mengenai perlengkapan umroh wanita 12 hari. Semoga pembahasan di atas bisa membantu jamaah umroh khususnya wanita dalam mempersiapkan segala sesuatu yang harus di bawa saat hendak melaksanakan ibadah umroh. Selain itu, dengan tidak adanya perlengkapan yang tertinggal dapat meningkatkan fokus jamaah umroh dalam beribadah.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.