Home » Umroh » Bacaan Doa Berangkat Umroh Lengkap

Doa berangkat umroh merupakan salah satu doa yang akan dihafalkan ketika menunaikan ibadah ke tanah suci. Biasanya sebelum melakukan umrah suka diadakan selamatan sebagai rasa syukur. Persiapan untuk keberangkatan juga sudah dilakukan seperti pakaian. Lalu berikut ini merupakan doa untuk berangkat umroh dan yang mengantar.

Umroh merupakan kegiatan ibadah yang diinginkan bagi umat Islam yang memiliki kemampuan. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan rasa cinta kepada agama dan nabi serta meningkatkan kedekatan umat kepada Allah. Umroh terkadang bisa disebut haji kecil dan dimulai pada 1 Syawal.

Persiapan untuk melakukan umroh pasti sudah dilakukan jauh hari sebelum keberangkatan. Dimulai dari menyiapkan pakaian umroh atau yang disebut dengan ihram. Persiapan berdoa saat di rumah dengan melakukan pengajian. Umroh merupakan kegiatan yang sangat diinginkan oleh umat Islam setelah ibadah Haji. Karena umroh merupakan kegiatan yang akan mengantarkan para umat menuju tanah suci untuk melihatnya megah dan indahnya Ka’bah.

Doa Berangkat Umroh

Sebelum berangkat ke tanah suci para jamaah melafalkan doa berangkat umroh. Niat untuk beribadah juga sudah harus diucapkan dalam hati dengan penuh keikhlasan. Doa keberangkatan bisa dilakukan mulai dari rumah sampai menuju tanah suci. Berikut doa berangkat umroh:

1. Doa Sebelum Meninggalkan Rumah

Sebelum meninggalkan rumah sebaiknya melakukan sholat sunnah. Sholat sunnah dikerjakan 2 rokaat. Rokaat pertama melafalkan Al-Fatihah dan rokaat kedua melafalkan Al-Ikhlas. Selanjutnya berdoa dengan melafalkan:

Saat berdoa ketika hendak keluar rumah memintalah agar dilindungi saat berada di dalam kendaraan. Selalu dijaga oleh Allah sampai menuju tanah suci dan kembali ke tanah air. Berdoalah secara ikhlas dan rendah hati.

2. Doa Sebelum Berangkat Umroh Di Dalam Kendaraan

Selanjutnya saat berada di dalam kendaraan menuju embarkasi berdoa dengan melafalkan:

Doa saat berada di dalam kendaraan sebagai ucapan rasa syukur kepada Allah dan untuk meminta perlindungan agar selamat menuju tempat embarkasi.

3. Berdoa Ketika Sampai Tempat Tujuan

Jika sudah sampai tempat tujuan maka berdoa dengan melafalkan:

Berdoa ketika sampai tempat tujuan merupakan salah satu wujud berterima kasih kepada Allah karena suda tiba dengan selamat.

4. Melafalkan Niat Umroh

Niat merupakan salah satu hal yang terpenting. Niat harus diucapkan dengan penuh kerendahan hati dan keyakinan serta percaya. Ucapkanlah niat dengan sungguh – sungguh. Berikut merupakan doa untuk niat umroh:

             

Atau bisa juga dilafalkan dengan niat:

Ingatlah selalu sebelum melakukan ibadah umroh untuk Allah. Iklhaskan dan rendahlah hati saat melakukan umroh.

Doa Untuk Orang Yang Berangkat Umroh

Selain mereka yang akan melakukan ibadah umroh kita sebagai kerabat atau yang mengenal di sunnahkan untuk mendoakan. Doa diriwayatkan oleh Tirmidzi:

Selain doa yang diriwayatkan Tirmidzi kita juga dapat mendoakan melalui hadist yang lain. Salah satu hadist yang diriwayatkan Ahmad berbunyi:

Kita mendoakan mereka yang akan melaksanakan umroh harus dengan hati yang tulus. Niatkanlah doa tersebut untuk mereka yang akan pergi ke tanah suci. Berilah doa agar mereka yang melaksanakan umroh sampai ketanah suci dengan selamat dan kembali dengan selamat. Berdoalah juga agar kita bisa diberikan kesempatan untuk mengunjungi tanah suci.

Doa berangkat umroh usahakan selalu diingat. Ucapkanlah rasa syukur kepada Allah karena sudah mendapatkan kesempatan untuk melihat tanah suci yang luar biasa indahnya. Niatkanlah sepenuh hati semua yang kamu lakukan hanya untuk beribadah kepada Allah. Lakukanlah setiap doa dan ibadah dengan khusyu. Berdoalah sesering mungkin agar lebih dekat dengan Allah.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.