Home » Umroh » Berikut Cara Menabung Untuk Umroh Bagi Anak Muda

Ibadah umroh saat ini sangat popular dilakukan oleh banyak kalangan. Zaman sekarang, umroh tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah  memiliki kemampuan finansial mapan saja. Anak muda pun jika tahu cara mengatur keuangan dan menabung yang benar pasti bisa berangkat umroh. Berikut cara menabung untuk umroh yang bisa diketahui.

1. Melakukan Penghematan Yang Realitistis Pada Pengeluaran

Cara menabung untuk umroh bisa dilakukan dengan melakukan penghematan pada pengeluaran. Namun tentu berhemat dalam konteks ini yaitu tetap realistis. Cobalah untuk menghitung sebenarnya berapa jumlah pengeluaran setiap bulan. Terapkan gaya hidup hemat dengan menghindari berbelanja hal-hal yang tidak terlalu penting.

Misalnya berhenti berlangganan TV kabel atau kebiasaan berbelanja online karena diskon. Bisa juga dengan menghentikan sejenak keanggotaan gym dan memilih berolah-raga sendiri di rumah. Semua aktivitas hedon lainnya juga hendaknya dihentikan.

2. Buka Rekening Khusus Tabungan Umroh Tanpa ATM

Agar rencana umroh bisa cepat terlaksana, cara menabung untuk umroh selanjutnya adalah bisa dengan membuka rekening khusus dana ibadah ini. Namakan saja tabungan umroh. Cobalah membuka rekening baru yang terpisah dari rekening gaji pastinya. Pilih bank yang sekiranya memiliki program paling menguntungkan untuk rencana umroh.

Yang harus diingat, jangan sampai melakukan penarikan uang pada rekening ini. Hanya lakukan penyetoran saja hingga jumlahnya mencukupi untuk dana pergi umroh. Caranya agar tidak tergoda untuk menariknya sebaiknya hindari pembuatan ATM.

Untuk menghindari lupa setor sebaiknya pilih opsi autodebet pada rekening utama dimana gaji diterima. Minta bank untuk langsung memotong rekening utama saat tanggal gajian tiba. Contohnya gaji yang diterima 3 juta perbulan, akan otomatis terpotong 1 juta untuk masuk ke tabungan umroh.

3. Mengajukan Pembiayaan Umroh Ke Bank Syariah

Di jaman sekarang, sudah banyak bank-bank atau biro perjalanan menawarkan jasa pembiayaan umroh. Namun untuk lebih aman mungkin bisa dipilih dengan mempercayakan pembiayaan pada bank-bank syariah. Biasanya bank syariah menawarkan dana plafon mulai 25 hingga 35 juta untuk bisa disetor pada penyelenggara umroh.

Bank syariah juga kadang tidak cuma menawarkan pengajuan pembiayaan umroh untuk 1 orang saja, kadang bisa 5 orang sekaligus. Ini cocok bagi yang ingin pergi bersama sekeluarga. Yang harus diingat pembiayaan seperti ini merupakan pinjaman jangka pendek. Jadi pelunasan juga hanya 2-3 tahun saja.

Agar tidak terlalu memberatkan, usahakan setoran awal jumlahnya agak besar. Gunakan dana tabungan yang sudah dikumpulkan. Agar waktu pelunasan atau cicilan tidak terlalu besar.

4. Pikirkan Tabungan Berupa Emas Untuk Mengantisipasi Inflasi

Semua uang yang ditabung pasti pada akhirnya akan dikurskan ke mata uang dollar. Ini berarti harga ongkos umroh tergantung pada harga dolar saat uang disetorkan ke penyelenggara. Sementara harga dollar kemungkinan akan naik terus tiap tahun, yang berarti juga ongkos umroh juga ikut naik.

Misalnya mengumpulkan 20 juta dalam 2 tahun untuk sebuah paket umroh. Kemungkinan di akhir tahun ke 2 harga paket tersebut akan naik menjadi 24 atau 25 jutaan. Nah untuk mengatasinya bisa dipilih untuk menabung dalam bentuk emas. Namun jika memilih cara ini, sebaiknya rajin-rajin untuk memantau harga emas dunia atau Antam.

5. Sisihkan Budget Untuk Travelling

Cara menabung untuk umroh yang terakhir bisa dilakukan dengan menyisihkan dahulu budget untuk travelling sementara waktu. Bagi yang suka travelling pergi ke tempat-tempat seru, sebaiknya hindari dulu. Sisihkan dana untuk pergi ke tanah suci. Jangan salah, Mekkah dan Madinah juga banyak tempat menarik untuk dikunjungi, apalagi bisa dilakukan sembari beribadah.

Insya Allah, setelah berangkat pergi ke tanah suci akan lebih banyak keberkahan yang datang. Termasuk kemudahan untuk pergi travelling ke tempat menarik lainnya.

Itulah cara menabung untuk umroh. Umroh di masa muda, bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Hanya terletak pada kesungguhan serta pandai mengatur keuangan pasti bisa terlaksana.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.