Beranda » Umroh » Doa Umroh Lengkap, Mulai Hendak Berangkat Hingga Memasuki Kota Mekkah

Menghafal doa umroh lengkap dan fasih adalah salah satu cara agar ibadah menjadi sempurna. Itu sebabnya mengapa persiapan ketika hendak menunaikan ibadah ini minimal 3 bulan sebelum keberangkatan sehingga baik lahir dan bathin karena  Allah SWT. Namun ibadah umroh tidak sekedar ritual ibadah semata namun penuh dengan totalitas untuk memenuhi panggilan Allah ke tanah suci Mekkah.

Untuk lebih menambah ketenangan dalam beribadah mempelajari dan mengingatkan rangkaian doa umroh agar selama menuju dan sampai serta kembalinya jamaah di ridhoi dan sampai pada niat yang baik. Sebelum membaca panduan doa umroh lengkap dibawah ini. Pastikan jamaah melaksanakan sholat sunnat 2 rakaat dengan satu salam. Hal ini sangat dianjurkan dilaksanakan oleh seluruh jamaah.

Doa  Ketika Hendak Berangkat Umroh Dan memasuki Kota Mekkah 

Umroh memang memiliki doa. Biasanya jamaah dipandu dan diberikan catatan untuk di hafal jamaah sebelum keberangkatan bahkan travel memberikan buku kecil yang bisa di kantongi di dalam tas kecil yang dibawah pada saat ibadah. Sehingga ketika lupa dapat langsung membuka dan boleh dengan langsung membacanya.

1. Niat

Doa yang paling awal dan sangat wajib dalam melaksanakan ibadah apapun adalah niat adapun doa niat melaksanakan ibadah umroh adalah:

Labbaikallohumma ‘umrotan adapun arti dari doa ini adalah ‘aku datang memenuhi panggilan Mu untuk berhaji dan umroh

2. Menuju Embarkasi

 Lalu menuju umroh doa yang disarankan adalah sebagai berikut:

“bismillahiamantu billah, bismillahi tashomtu billah bismillahtawakkltu alallah wala haula wala quwata illah billahil aliyyil adhiim”

3. Doa Saat Sudah Berada Diatas Kendaraan

Adapun doanya adalah

subhanal-ladzi sakhara lanaa hadzaawa maa kuma lahu muqriniin. Wa inna illa rabbinaa lamunqalibuun. Allahumma innaa nas’aluka fii safarina hadzaal-birra wa taqwa minal ‘amali maa tardhaa. Allhumma hawawin alaina safarana hadzaa wa athhwi anna bu’dahu. Allhumma antas-sahibu fis-safari wal-khalifatu fil-ahli. Allhumma inni a’udzu bika min wa’as’is-safari wa ka’abatil-mandzari wa su’il-munqoblabi fil maali wal ahli wal-walad.

4. Doa Memasuki Kota Mekkah

Memasuki Kota Mekkah biasanya hendaknya jamaah membaca doa ini atau dengan bahasa indonesia berbunyi:

ya allah kota ini adalah tanah haram Mu dan tempat aman Mu, maka hindarkan lah daging, darah, rambut dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa Mu pada hari engkau membangkitkan kembali hambamu dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepadamu.

5. Memasuki Masjidil Haram

Dan adapun doa ketika setelah memasuki masjidil haram adalah Allahumma antas-salamu waminkas salamu wailaika ya udus slaamu fahayyina rabbana bissalami wa adkinal-jannata darassalami tabarakta rabbana wa ta alaita ya dzal jalali wal ikram allahummaftah lii abwaaba rahmatika bismillahi walhamdulillahi was shalatu was slaamu ala rasulillah.

Mengawali Doa Dalam Ibadah Umroh

Itulah rangkaian doa umroh lengkap ketika hendak menuju ke kota mekkah untuk menunaikan ibadah umroh. Hendaknya semua doa di hafal dan dibaca sungguh-sungguh dengan niat yang baik. Sepanjang dalam perjalanan tetaplah melakukan dan membaca alquran dan memohon doa agar selamat menuju kota ibadah.

Jika lupa untuk membaca doa umroh lengkap secara bahasa arabnya maka artinya juga dapat dijadikan doa. Atau dapat membaca panduan umroh yang diberikan pihak traveler. Dan tidak perlu bingung jika seketika lupa karena koordinator akan terus memantau jamaah dalam setiap ibadah umroh dilaksanakan. Panduan doa Lengkap diatas adalah doa umum para jamaah pada hal tertentu dan untuk ibadah khusus akan langsung di pandu oleh koordinator jamaah.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.