Beranda » Wisata Bandung » Wisata Kota Bandung » Gedung Sate Bandung

Bandung merupakan kota besar yang ada di Jawa Barat yang terkenal dengan gedung yang ikonik bernama Gedung Sate Bandung. Jika wisatawan datang ke Bandung, sempatkan untuk mampir kesini karena para wisatawan bisa berwisata sejarah di tempat ini. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat arsitektur yang unik dari bangunan ini.

Lokasi, Rute Dan Tiket Masuk Gedung Sate Bandung

Gedung Sate Bandung yang terkenal dengan tusuk sate pada menara puncaknya ini berada di Jalan Diponegoro Nomor 22, Bandung. Jalan untuk menuju ke Gedung Sate ini mudah diakses, sehingga wisatawan bisa menggunakan Google Maps jika masih bingung. Tidak dikenakan biaya masuk jika wisatawan ingin berkunjung ke Gedung Sate.

Ruangan Gedung Sate Bandung

Beberapa orang yang belum pernah berkunjung ke tempat ini tidak mengetahui apa yang menarik di Gedung Sate. Selain sebagai tempat untuk berolahraga, ruangan yang ada di gedung ini juga menarik untuk dikunjungi terutama wisatawan dari luar bandung. Untuk itu, berikut adalah ruangan yang ada di Gedung Sate Bandung.

1. Ruang Pamer

Ruangan ini berada di lantai dua dari Gedung Sate Bandung dan sesuai namanya ruang ini menyajikan berbagai koleksi. Salah satu yang menarik perhatian adalah koleksi foto sejarah pembangunan gedung sate dari awal hingga sekarang. Bukan hanya foto saja, tetapi juga ditambahkan artikel lengkap mengenai pembangunannya.

Tidak sampai di situ saja, foto Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat juga dipasang di sini. Koleksi lain yang ada di ruangan ini sisanya adalah koleksi mengenai budaya Sunda. Misalnya koleksi pakaian adat Sunda, alat musik tradisional Sunda, dan wayang golek khas Sunda. Ruangan ini wajib dikunjungi bagi yang ingin mengenal budaya Sunda.

2. Menara Gedung Sate

Tempat yang satu ini menjadi spot untuk bersantai di Gedung Sate yang letaknya berada di lantai paling atas Gedung Sate. Untuk menuju ke ruangan ini, pengunjung bisa menaiki lift atau tangga kayu karena lantai ini tidak bisa dilihat dari lantai bawahnya. Bagi yang sudah pernah mengunjungi puncak Monas tentu akan merasakan sensasi yang sama.

Di puncak gedung ini terdapat ruangan yang cukup luas di tengah dan jika ingin masuk ke ruangan ini harus membuka pintu terlebih dahulu. Kursi-kursi yang ada di pinggir ruangan juga semakin memperindah puncak gedung ini. Ruangan ini juga semakin artistik dengan lantai marmer dan lemari kayu jati yang dipamerkan di ruangan ini.

3. Lobby

Ruangan yang satu ini menjadi ruangan yang wajib dimasuki ketika masuk ke Gedung Sate Bandung. Ukuran lobby Gedung Sate yang luas dapat membuat pengunjung untuk berfoto di ruangan ini. Oleh karena itu, para pengunjung wajib untuk berfoto di lobby jika berkunjung ke tempat wisata bersejarah di Bandung ini.

Tirai hijau yang ada di ruangan ini mampu menciptakan suasana klasik saat pengunjung masuk ke ruangan ini. Ruangan ini tidak terdapat kursi seperti di lantai paling atas. Terkadang juga ruangan ini sering digunakan untuk acara formal kenegaraan. Bendera dari berbagai kabupaten di Jawa Barat dan gamelan turut menghiasi lobby.

4. Ruang Aula

Jika ruangan yang tadi masih dirasa kurang luas, masih ada lagi ruangan yang lebih luas daripada lobby. Tempat ini hampir mirip dengan ballroom bergaya Eropa sehingga mampu membuat pengunjung terkagum dengan arsitekturnya. Sebenarnya, ruangan ini merupakan sebuah ruangan aula yang digunakan untuk berbagai kegiatan.

Berbagai kegiatan resmi digelar di aula ini. Tidak hanya satu ruangan saja, Gedung Sate Bandung memiliki dua ruang aula. Banyak orang sering menyebut dua ruang aula ini dengan sebutan ruang aula barat dan ruang aula timur. Dua ruang aula ini dikelilingi dengan ruangan yang ditempati oleh para staf Gedung Sate.

5. Ruang Kerja

Ruangan ini berada di lantai dua yang dihuni oleh Gubernur beserta dengan Wakil Gubernur. Sekretaris Daerah serta para asisten dan biro juga menempati ruang kerja di lantai dua ini. Dalam bekerja, Gubernur dibantu oleh Wakil Gubernur yang menangani bidang Pemerintahan, Ekonomi dan Pembangunan, serta Kesejahteraan Rakyat.

Gedung Sate merupakan salah satu gedung yang menjadi ikon Kota Bandung. Tempat ini cukup unik karena ruangannya menyimpan sejarah tersendiri. Maka dari itu, wisatawan bisa berkunjung ke tempat ini untuk mengisi waktu liburan sekaligus menambah pengetahuan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.