Beranda » Umroh » Informasi Penting Umroh Seputar Masjid Nabawi Di Madinah

Masjid Nabawi di Madinah merupakan salah satu tujuan ibadah umroh yang wajib untuk dikunjungi. Madinah sendiri merupakan kota dimana hijrahnya Rasulullah dari mekkah yang memberikan kesan damai. Apalagi jika seseorang melakukan sebuah kebaikan di kota ini, maka ia akan mendapatkan ganjaran pahala 1000 kali lipat.

Sebelum melakukan ibadah umroh di Madinah, ada baiknya untuk mengetahui beberapa informasi penting tentang Masjid Nabawi. Hal ini bertujuan agar ibadah umroh di masjid tersebut dapat dilaksanakan tanpa masalah.

Nomor Pintu

Pagar yang mengelilingi pintu masjid memiliki banyak sekali pintu. Pintu-pintu tersebut diberi nomor agar dapat dijadikan sebagai patokan untuk kembali ke hotel. Jadi, jika seseorang masuk ke masjid dari arah hotel dari nomor 8 maka untuk kembali ke hotel harus keluar dari pintu nomor 8 juga. Sehingga nomor ini akan menghindari orang dari tersesat.

Selain itu, nomor pada pintu pagar masjid Nabawi di Madinah ini dapat dijadikan sebagai tempat berkumpul dengan teman ataupun rombongan umroh. Sehingga pintu ini dapat membantu untuk masuk atau keluar masjid bersama.

Tempat Wudhu dan Toilet

Di pelataran masjid Nabawi terdapat beberapa gedung atau bangunan yang menyerupai rumah namun berfungsi sebagai tempat wudhu. Tentunya tempat wudhu untuk pria dan wanita dibuat secara terpisah. Sebagai informasi beberapa tahun yang lalu untuk berwudhu harus masuk ke dalam basement sedangkan saat ini sudah dibuat bangunan sendiri.

Tempat wudhu wanita dibuat secara khusus dan berada di dekat pintu masuknya. Dibangunan dekat tempat wudhu adalah pintu masuk toilet yang tempatnya berada di basement.  

Air Minum dan Air Zam-Zam

Masjid Nabawi di Madinah ini menyediakan air minum yang letaknya berada di pelatarannya. Air minum ini bebas untuk diminum siapapun secara gratis. Namun perlu diingat bahwa air ini bukan berasal dari air zam-zam. Air tersebut berasal dari proses penyulingan. Air untuk minum ini biasanya disediakan di kran seperti tempat berwudhu.

Sedangkan air zam-zam disediakan dalam galon-galon kecil yang akan lebih banyak di temukan di dalam masjid. Meskipun di luar masjid ada, namun akan jarang ditemukan. Oleh karena itu, jangan sampai salah membedakan air minum biasa dan air zam-zam yang mungkin ingin dibawa dalam botol.

Waktu Buka Tutup Masjid Nabawi

Masjid Nabawi tidak buka selama 24 jam, melainkan ada waktu untuk buka dan tutupnya. Untuk bukanya itu sekitar pukul 3 pagi, sedangkan tutupnya pada pukul setengah 11 hingga pukul 11. Namun aturan ini hanya berlaku bagi wanita.

Karena pria masih bisa masuk selama 24 jam hanya saja jika sudah memasuki waktu yang ditentukan tadi, hanya dapat masuk dan keluar melalui satu pintu. Pintu tersebut bernama baabussalam.

Barang-Barang Yang Tidak Boleh Dibawa Masuk Ke Dalam Masjid

Masjid Nabawi di Madinah ini biasanya akan dijaga oleh para askar. Sebelum dapat masuk, biasanya para askar akan memeriksa barang bawaan yang ada di dalam tas. Ada beberapa benda yang dilarang untuk dibawa masuk masjid yang mana benda tersebut tidak akan dibuang atau dirusak melainkan harus di bawa kembali ke hotel.

Benda yang pertama ada HP atau kamera profesional. Sebenarnya HP masih boleh dibawa asalkan tidak digunakan untuk memfoto di dalam masjid. Benda selanjutnya adalah benda-benda tajam seperti pisau dan gunting. Terkhusus untuk para wanita dianjurkan untuk tidak membawa belanjaan ke dalam masjid. Jikalau ingin berbelanja sebaiknya dilakukan setelah keluar dari masjid.

Raudhoh

Saat ini untuk melakukan ibadah raudhoh di masjid Nabawi di Madinah sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini wanita juga diperbolehkan untuk melakukan ibadah raudhoh. Karena itu ada sistem baru yakni sistem antrian dengan sekat yang mana setiap sekatnya akan dibuka selama 30 menit sekali.

Agar tidak bingung area mana untuk raudhoh, tanda-tanya adalah dari arah sebelah kiri mimbar Rosulullah hingga ke depan makam Rosulullah. Jangan sampai melakukan ibadah tersebut di di luar area tersebut.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.