Home » Umroh » Inilah Perlengkapan Umroh Wanita 9 Hari Yang Bisa Diketahui

Umumnya umroh dilakukan selama 9 atau 12 hari. Perlengkapan yang perlu disiapkan sebelum berangkat baik umroh 9 maupun 12 hari sebetulnya tidak terlalu jauh berbeda. Kadang yang membedakan adalah perlengkapan jamaah wanita dan pria. Untuk wanita kemungkinan lebih kompleks. Berikut apa saja perlengkapan umroh wanita 9 Hari yang bisa diketahui :

1. Pakaian Yang Nyaman

Perlengkapan umroh wanita 9 hari yang pertama yaitu persiapkan pakaian yang nyaman. Iklim di Indonesia sangat berbeda dengan di Mekkah. Di sana bisa sangat panas atau dingin dalam satu waktu. Maka dari itu pakaian yang perlu disiapkan yaitu

  • Pakaian Non Ihrom. Bisa gamis dengan bahan yang mudah menyerap keringat serta tidak ketat. Bawalah setidaknya 4 buah gamis yang bisa digunakan untuk 4 hari pertama. Selanjutnya untuk 5 hari sisanya, bisa memakai kembali dengan sebelumnya telah dicuci.
  • Pakaian Ihrom sebanyak 2 atau 3 buah. Yang tidak kalah penting untuk membawa baju ihrom. Usahakan pilih baju ihrom yang tidak punya warna yang mencolok.
  • Pakaian dalam juga penting. Bawalah yang sekiranya cukup untuk dipakai selama 9 hari kedepan. Jika tidak mau repot mencuci sebaiknya bawa yang sekali pakai.
  • Baju tidur yang nyaman. Sebaiknya pilih bahan yang mudah menyerap keringat.

2. Skin Care Dan Perlengkapan Mandi

Perlengkapan umroh wanita 9 hari yang tidak kalah penting yaitu skin care serta perlengkapan mandi. Selama di tanah suci, sebaiknya hindari menggunakan make up. Namun menggunakan rangkaian skin care masih bisa dilakukan. Rangkaian produk skin care yang bisa dibawa seperti pelembab wajah, tabir surya, lipbalm atau serum wajah bisa dipersiapkan.

Selain skin care, peralatan mandi juga perlu dipersiapkan. Seperti sabun, shampoo, sikat gigi dan odol juga handuk. Memang beberapa penginapan kadang sudah menyiapkan handuk. Namun membawa sendiri juga tidak ada salahnya

3. Perlengkapan Beribadah

Umroh sejatinya memang beribadah. Jadi memang perlengkapan beribadah lah sebenarnya yang jangan sampai ketinggalan. Siapkan mulai dari mukena, sajadah, al quran serta buku doa-doa kecil. Buku yasiin juga perlu disiapkan agar tidak tertinggal.

Upayakan untuk memilih mukena dan sajadah yang tipis sehingga mudah dilipat dan dibawa kemana-mana. Banyak juga orang yang menyiapkan beberapa botol untuk mengisi air zam-zam. Hal ini dikarenakan disekitar tempat ibadah (masjidil haram) banyak orang yang mengambil air suci ini.

4. Obat-obatan Untuk Kesehatan

Rangkaian ibadah umroh yang banyak juga bisa jadi menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Usahakan untuk membawa vitamin untuk mensiasatinya. Ada baiknya juga untuk membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga jika di sana terjangkit sakit ringan.

Misalnya obat masuk angin, batuk, pilek atau flu. Bila perlu siapkan juga antiseptik untuk berjaga-jaga jika mengalami luka agar tidak terjadi infeksi.

5. Perlengkapan Lain-Lain

Selain yang telah dijelaskan, ada perlengkapan umroh 9 hari lain yang juga harus dipersiapkan. Misalnya pembalut atau pantyliner untuk berjaga-jaga. Selain itu masker dan kaca mata juga perlu dibawa. Kedua benda ini berguna terutama untuk menghalau debu dan panas matahari saat beribadah pada siang hari. Jaket juga perlu dibawa.

Jangan lupa juga untuk membawa kaos kaki untuk menghangatkan tubuh terutama pada malam hari. Sepatu dan sandal juga jangan sampai terlewatkan. Pilihlah model sepatu dan sandal yang ringan serta simple sehingga mudah digunakan. Tas kecil sebaiknya juga perlu dibawa untuk memasukkan barang-barang penting. Misalnya passport, dompet, atau hp.

Itulah apa saja perlengkapan umroh wanita 9 hari. Sebaiknya mulai persiapkan perlengkapan tersebut jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Karena akan lebih mudah jika ada barang yang kurang sehingga tidak tertinggal.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.