Beranda » Wisata Bandung » Wisata Bandung Utara » Keidahan Gua Pawon

Bandung selalu memiliki berbagai tempat wisata menarik yang bisa dijadikan pilihan kunjungan wisatawan. Berbagai macam tempat wisata alam tersedia di daerah ini, salah satunya adalah wisata alam bersejarah Gua Pawon Bandung. Gua Pawon berlokasi di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Padalarang, Bandung Barat. Wisata bersejarah ini memiliki berbagai macam keindahan yang sangat menakjubkan dan mampu memikat para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Jam Buka Dan Harga Tiket Masuk Gua Pawon

Wisatawan yang hendak berkunjung ke Gua Pawon Bandung harus menyisihkan uang sebesar 5.000 rupiah per orang untuk biaya  tiket masuk. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 05.00 pagi hingga pukul 17.00 sore hari. Oleh karena itu, wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke tempat wisata ini kecuali pada waktu malam hari.

Keindahan Yang Dimiliki Gua Pawon

Gua Pawon Bandung sebenarnya merupakan sebuah gua kering yang memiliki banyak ruangan. Bagian mulut depan Gua Pawon memiliki ruang yang agak sempit sehingga mengharuskan wisatawan untuk merunduk ketika memasukinya. Akan tetapi dibalik itu semua, gua ini memiliki berbagai macam keindahan yang sangat menakjubkan, diantaranya sebagai berikut :

1. Perpaduan Bebatuan Dan Hamparan Hijau Rumput Yang Eksotis

Gua Pawon Bandung memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Disini, terdapat bebatuan bukit kapur yang sangat kontras dipadukan dengan rumput-rumput yang berwarna hijau sehingga menimbulkan kesan eksotis. Oleh karena itu, tak heran jika tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit bagi para fotografer.

Tempat wisata ini sangat cocok digunakan sebagai salah satu spot foto menarik. Wisatawan bisa berfoto ria dan mengabadikan momen bersama keluarga atau bahkan pasangan dengan latar belakang bukit kapur dan rumput yang hijau. Tempat ini juga biasanya digunakan sebagai salah satu spot foto prewedding oleh para calon pengantin.

2. Pemandangan Perkumpulan Monyet Ekor Panjang

Wisatawan yang datang ke tempat wisata ini nantinya juga akan menemukan habitat monyet ekor panjang dengan jumlah yang cukup banyak. Bahkan, monyet-monyet tersebut tidak ragu dan takut untuk muncul unjuk diri di hadapan para wisatawan.

Hal menariknya lainnya, monyet-monyet ini terkadang meminta makanan yang dibawa oleh pengunjung. Pemandangan seperti ini biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk berfoto ria bersama dengan segerombolan monyet tersebut. Akan tetapi, perlu diingat bahwa wisatawan juga harus tetap waspada dengan monyet tersebut.

3. Menikmati Keelokan Sunrise Dan Sunset Dari Tepi Gua

Wisatawan yang berkunjung ke Gua Pawon Bandung ini juga akan disuguhkan dengan keindahan sunrise saat pagi hari maupun sunset pada sore hari.  Keelokan sunrise dan sunset tersebut bisa dinikmati oleh wisatawan dengan duduk-duduk santai di tepi gua yang berada di puncak Gua Pawon.

Hal ini tentunya bisa menjadi momen yang berharga bagi para wisatawan. Apalagi jika momen seperti ini dilewati bersama dengan teman, sahabat, atau bahkan pasangan. Selain itu, tepi Gua Pawon ini juga merupakan salah satu tempat yang paling kece dan asyik digunakan sebagai tempat ngobrol bersama.

4. Indahnya Cahaya Matahari Yang Masuk Ke Bagian Dalam Gua

Jika wisatawan memasuki bagian dalam Gua Pawon Bandung, maka wisatawan akan melihat keindahan cahaya matahari yang menerobos masuk ke bagian dalam gua melalui lubang langit-langit gua. Hal ini tentunya bisa menjadi daya tarik dan kesan tersendiri bagi para wisatawan.

Akan tetapi, dibagian dalam gua ini terdapat banyak sekali kelelawar yang bergerombol di bagian bawah lubang langit-langit tersebut. Hal ini tentunya mengakibatkan banyaknya kotoran kelelawar yang berada di dalam gua sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itulah, wisatawan disarankan untuk memakai masker ketika berkunjung ke tempat ini.

5. Terdapat Replika Tengkorak Manusia Purba

Gua Pawon Bandung dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu tempat ditemukannya fosil manusia purba. Di dalam gua ini bahkan terdapat replika tengkorak manusia purba dalam keadaan meringkuk. Hal ini tentunya mengundang rasa penasaran wisatawan untuk datang berkunjung ke tempat wisata ini.

Berdasarkan hasil penelitian arkelogi yang dilakukan, tengkorak manusia purba yang ditemukan disini adalah nenek moyang orang Sunda.  Oleh karena itulah, tempat ini menjadi tempat wisata alam bersejarah yang bisa ditemukan di wilayah Bandung Barat. Wisatawan yang suka dengan arkeologi tentunya harus datang ke tempat ini untuk melihat situs bersejarah ini.

Itulah berbagai keindahan berkunjung ke wisata alam bersejarah di Gua Pawon Bandung. Wisatawan lebih disarankan untuk berkunjung pada waktu pagi hari atau sore hari karena kawasan ini hampir tidak memiliki tempat teduh dari terik sinar matahari.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.