Beranda » Wisata Bandung » Wisata Bandung Utara » Menikmati Mata Air Yang indah Di Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan merupakan sebuah nama mata air yang saat ini mulai populer. Banyak yang bilang spot wisata cantik yang tersembunyi ini merupakan tempat wisata yang anti mainstream. Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat yang asyik dan seru untuk mengisi waktu liburan.

Sama seperti halnya sebuah kawasan pariwisata yang berada di Bandung barat, atau lebih tepatnya berada di sekitaran lembang. Pesona alamnya  Sendang Geulis Kahuripan memang mengesankan, tidak kalah dengan wilayah lainnya. Tempat wisata ini juga dijuluki sebagai kota kembang.

Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan atau biasa disebut dengan nama Talaga Cikahuripan atau juga Sirah Cai Kahuripan. Tempat wisata ini merupakan  sebuah sumber mata air alami dengan penampakan yang indah dan suasana yang masih asri.

Tempat wisata ini berada di pelosok kabupaten Bandung Barat, sehingga butuh waktu yang cukup lama menjadikan tempat ini ikon baru wisata Bandung. Wilayahnya berada di RPH Cikalong Wetan, BKPH Padalarang Perum Perhutani BKPH Bandung Utara.

Sumber mata air yang keluar dari objek wisata ini digunakan oleh sebagian masyarakat sekitar sebagai tempat mencuci. Meskipun digunakan untuk mencuci oleh sebagian masyarakat, sumber mata air yang menghasilkan sendang ini hampir setiap menit mengalir air-air bersih.

Cerita Mitos Dan Daya Tarik Sendang Geulis Kahuripan

Setiap tempat wisata yang memiliki cerita mitos dan daya tarik yang membuat para wisatawan berbondong-bondong mengunjunginya. Berikut ini beberapa cerita mitos dan daya tariknya:

1. Airnya Memiliki Khasiat Bagi Kulit

Mitosnya air jernih ini mempunyai khasiat yang sangat bagus bagi kulit, terutama bagi kaum perempuan. Dengan berendam di air ini, dapat memiliki kulit mulus nan cantik bagi kaum perempuan dan membuat awet muda.

2. Mata Air Cantik

Air yang segar dan jernih menjadi salah satu daya tarik yang pertama bagi para wisatawan. Saking jernihnya serta memiliki kadar oksigen yang cukup tinggi, air yang berada di sini bisa langsung diminum. Mata airnya dapat membuat suasana semakin syahdu. Tidak heran jika tempat ini disebut sebagai mata air cantik.

3. Background Alam Yang Sejuk

Selain air jernih yang menjadi daya tarik, para wisatawan akan disajikan dengan background alam yang sejuk ditambah curug yang indah. Curug ini memang tidak terlalu tinggi dan debit airnya yang tidak terlalu besar sehingga, curug ini bisa dipakai untuk bermain air.

4. Terdapat Kolam Renang Yang Bening

Selain airnya yang jernih dan background alam yang menjadi daya tarik para wisatawan. Tempat ini juga menjadi salah satu daya tarik dan titik spot foto yang tidak boleh dilewatkan, yaitu kolam renangnya. Selain dimanfaatkan untuk berenang, kolam ini merupakan titik spot foto yang tidak boleh dilewatkan. Meskipun sedikit keruh dibagian dasarnya, ketika masuk kedalam gambar hasilnya akan jernih dan sebening Kristal.

5. Adanya Fasilitas Yang Memanjakan Wisatawan

Fasilitas juga menjadi daya tarik para wisatawan, karena fasilitas yang disajikan disini sangat memanjakan. Pengunjung dapat memanfaatkan beberapa warung yang menyajikan berbagai macam menu kuliner.

Selain itu, ada juga saung yang digunakan untuk beristirahat dan bercengkrama bersama teman atau keluarga sembari menikmati keindahan kawasan ini. Tidak hanya itu, ada juga beberapa seperti fasilitas musholla, toilet, ruang ganti, dan penginapan pun juga tersedia di kawasan ini.

Lokasi Dan Rute Menuju Objek Wisata

Alamat tempat wisata Sendang Geulis Kahuripan  berada di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Akses untuk menuju ke kawasan ini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi saja. Bagi pengunjung yang berasal dari Jakarta bis menggunakan Tol Cipularang dan keluar melalui pintu Cikamuning.

Kemudian dengan melewati jalan antara Cikampek – padalarang hingga sampai di jalan raya cikalong. Sesampainya di daerah Cikalong, arahkan kendaraan menuju kearah timur menuju ke kawasan Cikalong Wetan. Setelah melewati perbatasan cikalong wetan, lalu arahkan kendaraan belok ke kanan.

Lalu, berjalan lurus sejauh 3 km hingga sampai di perbatasan kecamatan dan menemukan pertigaan dimana ditengahnya ada gapura yang berbentuk dengan nanas dan ada pangkalan ojeknya, setelah itu arahkan kendaraan sejauh 4 km. Disarankan bagi pengunjung yang melintas dijalan ini harus berhati-hati karena jalanan ini masih bebatuan dan licin.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang tempat wisata Sendang Geulis Kahuripan. Kawasan ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mengisi liburannya bersama keluarga atau teman.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.