Beranda » Umroh » Meraih Kesempurnaan Melalui Rukun Umroh Sesuai Sunnah

Kesempurnaan memang hanya milik allah SWT namun sebagai manusia kita wajib terus berusaha mengejar kesempurnaan itu walaupun kita tahu tak akan pernah mendapatkannya salah satunya meraih kesempurnaan melalui rukun umroh sesuai sunnah. Agar bisa meraih kesempurnaannya maka kita harus melakukannya sesuai dengan rukun umroh.

Rukun umroh merupakan salah satu syarat sah dari ibadah umroh. Ketika kita melaksanakan ibadah umroh dan melakukan rukun umroh sesuai sunnah yang benar maka ibadah umroh akan sempurna. Rukun umroh sendiri memiliki definisi rukun yaitu rangkaian kegiatan yang berarti rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam umroh. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan yang termasuk dalam rukun umroh sesuai dengan sunnah :

Niat / Ihram

Hal yang paling utama dalam meraih kesempurnaan melalui rukun umroh sesuai sunnah yaitu niat, sama halnya dengan ibadah yang lainnya niat adalah point terpenting yang paling utama. Point pertama ini harus dilakukan jangan sampai dilupakan karena syarat sah melakukan suatu ibadah adalah niat termasuk ibadah umroh.

Dalam ibadah umroh niat disebut dengan ihram. Dalam ihram kegiatan yang dilakukan yaitu dengan cara membaca niat. Antara laki-laki dan perempuan ada sedikit perbedaan untuk laki-laki membaca dengan suara  keras sedangkan untuk perempuan membacanya dengan suara pelan.

Berpakaian Sesuai Dengan Rukun Umroh

Kemudian yang kedua rukun umroh yaitu berkaitan dengan pakaian. Dalam cara berpakaian berbeda sekali dengan pakaian yang digunakan dalam sehari-hari khususnya bagi laki-laki.

Pakaian yang digunakan ketika umroh sesuai dengan rukun umroh untuk laki-laki memakai kain ihram yaitu dua lembar kain yang tidak berjahit. Sedangkan untuk perempuan menutup rapat auratnya sesuai dengan syariat yaitu yang boleh nampak hanyalah bagian wajah dan tangan saja.

Thawaf

Setelah niat dan pakaian sudah siap sesuai dengan rukun umroh hal selanjutnya dalam rukun umroh yaitu thawaf. Kata thawaf mungkin sudah sering kita dengar namun thawaf yang sesuai rukun umroh dilakukan sebanyak 7 kali. Dalam thawaf kegiatan yang dilakukan adalah mengelilingi kabah sembari membaca doanya yaitu doa thawaf.

Kegiatan thawaf sering menjadi kegiatan favorit para jamaah karena ada kesempatan untuk mencium hajar aswad dan jangan lupa harus tetap waspada jangan sampai salah melakukan harus sesuai dengan syariat.

Sa’i

Rukun umroh selanjutnya adalah kegiatan sa’i. Sa’i merupakan kegiatan perjalanan dari bukit shafa menuju bukit marwah. Kegiatan ini dilakukan sama dengan thawaf yaitu sebanyak tujuh kali. Perjalanan yang dilakukan sambil diiringi dengan doa sa’i.

Dalam kegiatan sa’i dianjurkan dengan memperbanyak berdzikir tahmid dan takbir. Dalam kegiatan ini kita seperti sholat yaitu menghadap kiblat dan jangan lupa dalam kegiatan ini perbanyak doa apa yang sering kita doakan atau doa yang belum terkabul.

Tahallul

Setelah melakukan semuanya maka dalam rukun umroh diakhiri dengan tahallul. Tahallul merupakan kegiatan yang menjadi tanda bahwa kegiatan umroh segera berakhir. Tahallul yaitu mencukur sebagian rambut di kepala namun tidak asal cukur namun sambil diiringi dengan doa tahallul.

Tata cara tahallul dilakukan sekurang-kurangnya atau minimal tiga helai rambut ini dikhususkan bagi wanita. Jika sudah selesai mencukur maka itu merupakan tanda berakhirnya ibadah umroh dan setelah itu hal-hal yang dilarang dalam umroh dapat dikerjakan kembali.

Demikianlah rukun umroh yang sesuai sunnah lakukanlah secara tertib dan sistematis. Semua kegiatan tersebut harus selalu berhati-hati agar tetap dilakukan sesuai syariat dan tidak melanggar. Dengan begitu para jamaah dapat meraih kesempurnaan melalui rukun umroh sesuai Sunnah.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.