Beranda » Umroh » Niat Mandi Umroh Beserta Sunnah Yang Perlu Diketahui

Umroh merupakan suatu perjalanan yang ditempuh umat Islam dimana mereka mengharap pahala dan ridho dari Allah swt. saat berkunjung ke Makkah. Perjalanan umroh sebenarnya lebih ringan dibandingkan melakukan perjalanan haji. Sebelum melakukan perjalanan umroh, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai jemaah umroh. Beberapa hal yang perlu diketahui diantaranya adalah niat mandi umroh.

Jika seseorang ingin melakukan perjalanan umroh ini, mereka harus menyucikan diri terlebih dahulu. Seseorang yang menyucikan hati dan dirinya sendiri akan mendapatkan pahala dari Allah swt. terlebih lagi jika ia dengan keadaan suci untuk mengunjungi kota makkah ini. ada beberapa hal pula yang perlu diperhatikan saat melakukan ibadah umroh.

Niat Mandi Umroh

Sebelum melakukan umroh, hendaknya sebagai umat muslim menyucikan diri terlebih dahulu. Mandi sebelum umroh hendaknya dilakukan terlebih dahulu di tempat penginapan sebelum berangkat melakukan perjalanan umroh. Jadi setelah melakukan mandi umroh ini, jamaah dapat langsung melakukan solat sunnah ihrom dan membaca niat umroh. Berikut ini ada niat, doa dan hadis berkaitan dengan mandi umroh.

1. Niat

Adapun sebelum menyucikan diri dengan melakukan mandi umroh, hendaknya kita membaca niat mandi umroh terlebih dahulu. Setelah membaca niat, segera lakukan mandi umroh. Tata cara mandi umroh ini sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan tata cara mandi ihrom. Berikut ini adalah hal yang perlu dilakukan saat mandi umroh, yaitu membaca niat mandi umroh.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَكْبَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Aku berniat melakukan mandi untuk menghilangkan hadats besar karena Allah Ta’ala.

2. Doa Niat Mandi Umroh

Setelah melakukan mandi umroh, bacalah doa niat mandi umroh di bawah ini.

بسملاه و بالله. ألهمجلهو لي نوراً و ظهر,

و حرزاً وامناً من كلي خوفين, و سيفان من كلي دين و سوكمن.

اللهمذهرني و ظهر قلبي, وسيرة لي شادر,

و أجري ألأ لسان محبتك ومادهتك وتس تسنى ‘ عليك فينه لا قوة لي إلا بك

و قد امتعنا قوم ديني اة تسليم لك وال اطيب ‘ لسنتي نبيك شلوتكاليهي و الحي.

Artinya : Dengan nama Allah dan dengan Allah, Ya Allah, jadikan mandi ihram ini cahaya dan kesucian, penjagaan dan keamanan dari setiap kekhawatiran, penawar dari setiap penyakit.Ya Allah, sucikan aku, sucikan hatiku, lapangkan dadaku, alirkan pada lisanku kecintaan dan pujian pada-Mu. Aku tahu bahwa tonggak agamaku adalah kepasrahan kepada-Mu dan mengikuti sunnah Nabi-Mu saw. 

3. Hadis Untuk Mandi Sebelum Umroh

Banyak firman Allah yang menyatakan untuk bersuci terlebih dahulu sebelum melakukan umroh. Salah satu diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu akan melaksanakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai siku, sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih). [Al Maidah :6]

Sunnah-Sunnah Yang Dapat Dilakukan Saat Umroh

Umroh merupakan salah satu kegiatan ibadah seorang muslim yang hendaknya selalu senantiasa mengharap ridho dan pahala dari Allah Swt. kegiatan umroh ini juga sebenarnya hampir sama dengan kegiatan haji. Namun, ada beberapa hal yang tidak dilakukan pada kegiatan umroh, tetapi dilakukan pada saat menunaikan ibadah haji. Umumnya, umroh ini dapat dilakukan kapan saja sedangkan ibadah haji dilakukan saat tertentu.

Ada beberapa sunnah yang dapat dilakukan saat melaksanakan ibadah umroh. Jemaah umroh hendaknya menyucikan diri terlebih dahulu. Setelah bersuci, gunakan juga wewangian. Gunakan juga beberapa helai kain atau selendang putih. Selalu bertasbih dan mengingat kebesaran Allah Swt.

Itulah beberapa informasi mengenai niat mandi umroh beserta sunnahnya. Mandi umroh ini hendaknya dilakukan sebelum bepergian. Jangan lupa juga untuk melaksanakan sunnah-sunnah yang ada dengan mengharap ridho Allah Swt.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.