Beranda » Wisata Bandung » Wisata Bandung Selatan » Objek wisata danau sanghyang heleut bandung

Nama Sanghyang Heuleut mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Ya, danau yang terletak di Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat ini memang terkenal memiliki pesona alam yang sangat memukau. Tak heran banyak wisatawan yang menjadikan tempat wisata ini sebagai destinasi liburan keluarga. Penasaran mengenai beberapa fakta tentang Danau Sanghyang Heuleut Bandung? Simak ulasannya sebagai berikut.

Harga Tiket Masuk

Ingin berwisata ke tempat yang mempesona namun menawarkan harga terjangkau? Danau Sanghyang Heuleut Bandung ini lah merupakan solusi yang paling tepat. Karena tempat ini selain menyuguhkan pemandangan alam yang mampu memukau para wisatawan, juga pengunjung tidak perlu mengeluarkan budget yang tinggi. Oleh karenanya, tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu tempat terfavorit bagi muda-mudi Bandung.

Wisatawan yang ingin berlibur kesini banyak dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000/orang. Apabila membawa mobil, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5000 dan sepeda motor sebesar Rp. 2000 saja. Murah, bukan? Dengan harga yang sangat terjangkau ini, wisatawan bebas menikmati keindahan di berbagai sudut danau ini.

Keistimewaan Wisata Sanghyang Heuleut

Bagi wisatawan yang ingin berlibur untuk menghilangkan penat dan jenuh dengan aktivitas sehari-hari, dengan mengunjungi tempat ini akan terasa lebih baik. Pikiran akan terefresh dengan menikmati pemandangan yang sungguh menawan. Hal itu dikarenakan danau ini menyimpang sejuta keistimewaan untuk para pengunjungnya. Inilah keistimewaan dari Danau Sanghyang Heuleut Bandung.

1. Pemandangan Yang Asri

Ya, pemandangannya yang sungguh asri memang menjadi ciri khas tempat wisata alam yang satu ini. Selain itu, udaranya yang sejuk akan menenangkan pikiran dan melupakan sejenak penat mengenai aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi danau ini dikelilingi dengan berbagai jenis tumbuhan hijau yang akan menyegarkan mata.

Salah satu pesona dari danau ini yaitu warna airnya. Air dari danau sanghyang heuleut bandung terkadang berwarna biru namun terkadang juga berwarna toska. Ditambah dengan bebatuan besar yang menghiasi sekeliling danau yang semakin menambah kesan artistik dari danau tersebut. Sungguh perpaduan yang sangat menarik dan menyenangkan apabila disinggahi.

2. Berenang Di Sanghyang Heuleut

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi kesegaran air danau ini juga dapat berenang sambil bermain air. Pasti sangat mengesankan jika menghabiskan waktu sambil bermain air bersama teman atau saudara di danau ini. Selain itu harus dipastikan membawa perbekalan yang cukup untuk dapat menikmati sensasi liburan di tempat wisata alam yang satu ini.

Akan tetapi, apabila musim penghujan danau ini sangat tidak dianjurkan bagi para wisatawan yang ingin berenang. Hal itu dikarenakan, danau yang berada dalam kawasan PLTA Saguling yang dialiri oleh Sungai Citarum Purba ini akan seketika memiliki debit arus yang cukup deras. Sehingga sangat berbahaya apabila ada wisatawan yang berenang.

3. Wisata Tempat Bersejarah

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang sangat memukau yang mampu menghipnotis para pengunjungnya. Ternyata danau ini juga menyimpan cerita bersejarah juga. Ya, Danau Sanghyang Heuleut Bandung ini ternyata menjadi bagian dari sejarah masa lalu Kota Bandung.

Konon katanya, Sanghyang Heuleut Bandung ini merupakan bukti sejarah keberadaan danau purba yang menggenangi Bandung pada zaman dahulu. Sanghyang Heuleut ini juga termasuk danau purba apabila dilihat dari susunan bebatuan yang terdapat di lokasi ini.  Danau ini juga berada pada satu kawasan dengan Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek.

Rute Menuju Sanghyang Heuleut

Danau yang satu ini terletak di Kabupaten Bandung Barat dan berbatasan juga dengan kabupaten cianjur dan Purwakarta. Sehingga bagi wisatawan yang berada di lokasi ini sangat mudah dijangkau. Tempat wisata ini dapat ditempuh dari Kota Bandung dengan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam saja.

Dengan kendaraan bermotor, wisatawan dari Bandung harus melewati jalur Bandung-Cianjur dan masuk ke gerbang waduk Saguling. Setelah itu, wisatawan akan melewati Sanghyang Tikoro. Nah, Sanghyan Heuleut ini terketak tidak jauh dari Sanghyang Tikoro.

Itulah beberapa informasi mengenai Danau Sanghyang Heuleut Bandung dengan pesonanya yang sangat memukau para pengunjungnya. Dengan berlibur di danau ini, rasa penat dan jenuh akan seketika menghilang. Dan fikiran pun akan segera kembali segar dengan tubuh bugar. Liburan? Sanghyang Heuleut inilah solusinya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.