Home » Umroh » Penjelasan Lengkap Visa Umroh Progresif Cara Mengeceknya

Visa umroh progresif adalah tambahan pembuatan biaya visa untuk para calon jemaah yang sudah pernah melaksanakan umrah kurang dari 2 tahun. Biaya ini akan dibayarkan kepada pihak kedutaan besar Arab Saudi di masing-masing tempat negara para jamaah tinggal. Biaya yang harus dikeluarkan visa progresif sebanyak 2000 riyal Arab Saudi.

Jumlah biaya ini dihitung dan diberlakukan berdasarkan masa keberangkatan para jemaah. Misalnya saja seorang jamaah telah melakukan umroh pada tahun 1438 hijriah, lalu ingin melaksanakan kembali pada tahun 1439 hijriah. Saat itulah biaya visa progresif harus dibayar.

Penjelasan Visa Progresif Umroh

Sejak zaman dulu kementerian agama sudah mengatakan bahwa ibadah haji hanya dilakukan 1 kali untuk seumur hidup. Hal itu tentu saja tidak menggembirakan bagi umat muslim. Namun, penyelenggaraan haji dan umroh (PHU) telah menetapkannya dengan harapan aturan itu diindahkan.

Masalah ini pun diangkat ke dalam publik, bahkan para ulama juga ikut berpartisipasi melakukan penguatan pemahaman masyarakat. Hal ini agar masyarakat ikut mendukung memberi kesempatan pada umat muslim yang belum berhaji. Melakukan ibadah haji untuk pertama kalinya adalah wajib, sedangkan yang sudah melakukan lalu kembali hukumnya sunah.

Para jemaah yang terkena visa progresif itu didasarkan pada data yang telah dikeluarkan oleh raja Arab Saudi. Lalu kementerian agama akan mengidentifikasi jemaah yang sudah pernah berhaji melalui siskohat. Data tersebut sebagai basis untuk mengeluarkan pengenaan biaya visa progresif dan harus dilunaskan.

Begitu pula kebijakan itu berlaku dengan seseorang ini menjalankan ibadah umroh. Hal itu dikarenakan ibadah haji dan umrah akan berjalan setiap tahunnya. dan dengan begitu setiap tahun banyak orang yang mengantri untuk keberangkatan ibadah haji dan juga umroh.

Jadi sebenarnya kebijakan tersebut diputuskan dengan mencapai keseimbangan untuk umat muslim Indonesia yang ingin beribadah. sehingga tidak ada kesimpangan bagi orang yang belum pernah melakukan ibadah haji ataupun umroh. Mungkin kebijakan ini disambut gembira ataupun kecewa dari masing-masing pribadi.

Namun bagi sebagian umat muslim tidak mempermasalahkan hal itu. Sehingga mereka rela untuk membayar biaya tambahan visa progresif umroh. Diperlukan pengetahuan tentang cara cek biaya visa tersebut.

Cara Cek Visa Umroh Progresif

Saat ini sudah ditetapkan kebijakan pemerintah Arab Saudi tentang biaya visa umroh progresif. Hal itu membuat para jemaah haji harus mengetahui bagaimana cara cek biaya visa progresif umroh. Berikut ini adalah cara untuk mengecek visa progresif umroh di antaranya adalah :

1. Silakan Kunjungi Website Cek Biaya Visa

Adapun yang harus pertama kali dilakukan oleh calon para jemaah haji atau umrah, adalah dengan mengunjungi website. Web tersebut langsung dapat dicek di halaman https://eservices.haj.gov.sa/VisaProgresif. Selanjutnya akan ada tampilan menu yang muncul.

2. Isi Kolom Yang Terdapat Di Menu Tersebut

Isi kolom tersebut dengan sesuai dan sebenarnya. Selanjutnya, isi kolom dengan memilih dimana negara tempat tinggal para calon jemaah. Lalu masukkan nomor paspor yang sesuai menggunakan spasi. Masukan image kode yang sesuai, dan terakhir silahkan Klik tombol search.

3. Menunggu Waktu Loading

Ketika loading telah selesai, pengecekan pun sudah selesai. Hanya tinggal lihat saja, apakah terkena biaya atau tidak. Jika terkena biaya maka harus dipenuhi, jika tidak ya tidak harus membayar biaya visa umroh progresif.

Itulah beberapa penjelasan lengkap visa umroh progresif dan cara mengeceknya. Melakukan ibadah haji dan umrah tentu saja menjadi dambaan setiap umat muslim. namun alangkah baiknya bila memberi kesempatan bagi orang yang belum pernah menunaikannya.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.