Beranda » Wisata Bandung » Wisata Bandung Selatan » Perkebunan Teh Malabar

Kabupaten Bandung merupakan salah satu kabupaten terbesar di daerah Jawa Barat yang banyak sekali menyimpan kekayaan wisata alam.  Salah satu wisata alam yang masih sangat asri dan menarik dikunjungi adalah perkebunan teh Malabar Bandung. Perkebunan teh ini tepatnya berlokasi di daerah Malabar Pengalengan, Kabupaten Bandung dengan luas sekitar 2.022 hektar. Daerah ini dikelilingi oleh hamparan tanaman teh hijau yang luas sehingga terkesan begitu indah dan masih terlihat alami.

Jam Buka Dan Cara Menuju Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan teh Malabar Bandung memiliki jam buka mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Para wisatawan disarankan untuk berkunjung pada pagi hari supaya bisa merasakan keindahan kebun teh lebih lama. Selain itu, wisatawan juga akan mempunyai waktu luang yang sangat lama untuk mengunjungi berbagai tempat menarik lainnya disini.

Tempat wisata ini berada di sebelah selatan Kota Bandung. Wisatawan yang hendak menuju ke tempat ini harus menempuh jarak sekitar 45 km dalam waktu sekitar 2 jam saja. Tempat wisata ini juga banyak menyimpan sejarah karena disini terdapat makam dan rumah peninggalan  K.A.R Bosscha.

Pesona Keindahan Perkebunan Teh Malabar

Perkebunan teh Malabar merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Daerah ini dibangun pada tahun 1896 pada masa penjajahan kolonial Belanda. Berikut beberapa pesona keindahan perkebunan teh Malabar Bandung yang bisa dinikmati oleh wisatawan :

1. Makam Karel Rudolf Bosscha

Wisatawan yang berkunjung ke perkebunan teh Malabar Bandung bisa melihat makam Karel Rudolf Bosscha. Makam ini bisa wisatawan jumpai saat pertama kali masuk ke kebun teh ini. Setelah pintu masuk, wisatawan hanya harus berjalan mengambil arah kanan hingga menemukan penanda jalan untuk masuk yang berada di sisi kiri jalan.

Karel Rudolf Bosscha merupakan seorang Belanda yang mempelajari budidaya teh di Sinaga Sukabumi. Beliau merupakan seorang manajer perkebunan teh Malabar Bandung yang diangkat pada tahun 1896. Bosscha dikenal oleh masyarakat sebagai sosok yang rendah hari, peduli terhadap masyarakat, dan juga penyanyang binatang.

2. Museum Dan Wisma Karel Rudolf Bosscha

Setelah puas melihat makan dari Karel Rudolf Bosscha, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi museum dan wisma Karel Rudolf Bosscha. Wisatawan bisa kembali ke jalan beraspal dan mengikut jalan tersebut untuk sampai di villa Malabar yang berada di tengah-tengah perkebunan.

Karel Rudolf Bosscha membangun sebuah rumah sederhana yang kini menjadi Museum Bosscha dan dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara VIII. Wisatawan yang hendak masuk ke museum ini tidak dipungut biaya apapun. Namun, biasanya terdapat biaya sukarela untuk penjaga museum yang digunakan sebagai biaya kebersihan dan perawatan ruangan.

3. Wisata Edukasi Pabrik Teh Malabar

Wisatawan yang berkunjung ke kawasan perkebunan teh Malabar Bandung juga bisa menikmati wisata edukasi di pabrik teh Malabar. Disini, wisatawan akan disuguhkan dengan pesona keindahan mesin pengolah teh yang sudah tidak beroperasi di ruangan pertama. Namun, jika wisatawan masuk ke ruangan kedua kemudian menaiki tangga, maka didapatkan suara ramai dari mesin yang beroperasi.

Wisatawan yang berkunjung ke pabrik teh ini akan diberikan edukasi mengenai proses pembuatan teh mulai dari teh yang baru dipetik hingga masuk ke dalam proses pelayuan, penggilingan, dan pengeringan. Pabrik teh Malabar mematok harga sekitar 15 ribu rupiah per orang untuk para wisatawan yang ingin melihat berbagai macam proses tersebut.

4. Pemandangan Gunung Nini Yang Indah

Selain bisa mendapatkan pengetahuan dengan mengunjungi pabrik teh Malabar, wisatawan juga bisa melihat keindahan pemandangan alam dari Gunung Nini. Pemandangan Gunung Nini yang indah dan hamparan teh hijau yang luas bisa digunakan sebagai background foto wisatawan.

Pemandangan alam yang begitu indah dan serba hijau ini dijamin mampu membuat koleksi foto di instagram wisatawan menjadi lebih menarik. Pesona keindahan alam dari Gunung Nini ini tentunya bisa membuat liburan menjadi berkesan dan lebih bermakna.

5. Kondisi Cuaca Yang Sejuk

Perkebunan teh Malabar Bandung merupakan tempat wisata yang terletak diatas ketinggian 1550 m diatas permukaan laut. Oleh karena itulah, perkebunan teh ini memiliki cuaca yang sejuk dan cukup dingin. Suhu udara di perkebunan ini biasanya bisa mencapai sekitar 16 hingga 26 derajat celcius.

Kondisi cuaca yang sejuk ini tentunya akan menjadi kesan dan momen menarik bagi wisatawan yang berkunjung kesini. Apalagi jika wisatawan bisa menghabiskan momen tersebut bersama keluarga, teman, maupun sahabat tercinta.

Itulah beberapa pesona keindahan dari perkebunan teh Malabar Bandung. Jika Anda sedang berkunjung ke Bandung Selatan jangan lupa untuk menyempatkan waktu berkunjung ke tempat wisata ini ya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.