Home » Umroh » Perlengkapan Umroh Laki Laki Yang Harus Dibawa

Menjalankan ibadah umroh bisa menjadi obat untuk mengurangi rasa rindu berkunjung ke tanah suci. Ketika menjalankan umroh, tentunya harus membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Perlengkapan umroh laki laki dengan perempuan tentunya berbeda, lantas apa saja yang perlu dibawa bagi kaum adam?

Kain Ihram

Perlengkapan umroh laki laki yang wajib dibawa pertama adalah kain ihram. Kain inilah yang nantinya akan digunakan pada kegiatan utama ketika umroh. Bawalah 2 set kain ihram. Ini bertujuan untuk mengantisipasi jika kain satunya terkena oleh najis dan membuat ibadah umroh menjadi tidak sah.

Pakaian

Kebutuhan pakaian merupakan sesuatu yang mutlak dan wajib dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Adapun jenis pakaian yang wajib dibawa diantaranya :

  • Baju Muslim  – Bagi kaum adam, disarankan untuk membawa baju muslim koko yang berwarna putih. Diperbolehkan menggunakan warna lain, namun tidak disarankan warnanya terlalu terang. Bawalah sekitar 3-5 baju atau sesuai kebutuhan.
  • Celana Panjang  – Untuk menjaga kenyamanan dan tidak terlalu menambah beban barang bawaan, bawalah celana panjang yang berbahan kain. Bawalah sekitar 2-3 potong celana panjang saja untuk digunakan aktivitas biasa ataupun berkeliling.
  • Pakaian Dalam – Bawalah kebutuhan pakaian dalam sesuai kebutuhan. Bisa disesuaikan dengan berapa hari berada di tanah suci. Jika ingin praktis, bisa membeli perlengkapan ini disana.
  • Pakaian Santai dan Tidur – Bawalah pakaian yang sopan, rapi dan bersih agar tidak mengganggu kenyamanan tidur diri sendiri ataupun orang lain. Jumlah yang dibawa bisa disesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari.
  • Jaket – Jika melaksanakan umroh pada saat musim dingin, bawalah jaket atau sweater untuk mempertahankan suhu tubuh.

Selain kebutuhan pakaian yang telah disebutkan di atas, kaum adam juga diwajibkan untuk membawa sarung. Tidak hanya digunakan untuk menjalankan sholat saja, namun sarung juga bisa digunakan sebagai selimut. Jika terbiasa sholat menggunakan sarung, bawalah sekitar 4 potong. Namun apabila tidak sering menggunakan sarung untuk sholat, cukup membawa 2-3 potong.

Kebutuhan Barang Penting

Ada beberapa barang penting yang diharuskan dibawa ketika menjalankan umroh. Perlengkapan umroh laki laki terkait barang penting yang harus dibawa diantaranya :

  • Sabuk Umroh – Ketika menjalankan ibadah umroh atau sedang berjalan-jalan, gunakanlah sabuk khusus umroh yang terdapat dompetnya. Apabila tidak terlalu menyukai penggunaan sabuk, bisa diganti dengan tas pinggang.
  • Kacamata Hitam – Cuaca di tanah suci sangat terik pada siang hari, maka dari itu bawalah kacamata hitam.
  • Kaus Kaki – Pada malam hari, terkadang suhu bisa turun secara drastis. Oleh karena itu bawalah kaus kaki tebal ketika hendak keluar ruangan maupun di ruangan AC.
  • Masker – Debu di tanah suci seringkali terbawa oleh angin yang cukup kencang. Untuk menghindari hal tersebut, bawalah beberapa masker.
  • Obat-obatan – Setiap orang memiliki kebutuhan medis yang berbeda, jadi bawalah obat-obatan penting.
  • Perlengkapan Mandi – Jumlah perlengkapan mandi yang disediakan oleh hotel terbatas. Bawalah perlengkapan mandi sendiri untuk mengantisipasi hal tersebut.
  • Pelembab – Bawalah pelembab yang dapat melindungi dari pancaran sinar UV mengingat cuaca di tanah suci sangat terik di siang hari.
  • Sandal dan Tas Plastik – Karena rak di masjid terbatas, bawalah tas plastik untuk menyimpan sandal. Gunakanlah sandal yang nyaman dan ringan.
  • Keperluan Gadget dan Kamera – Mengingat stop kontak disana sedikit berbeda dengan Indonesia, bawalah keperluan gadget dan kamera masing-masing.

Jangan lupa juga untuk membawa parfum, surban atau sajadah tipis. Surban atau sajadah tipis dapat digunakan sebagai pelindung kepala pada saat matahari sedang terik-teriknya.

Perlengkapan di atas adalah perlengkapan umroh laki laki yang wajib dibawa. Terutama bagi mereka yang pertama kali hendak melaksanakan ibadah umroh. Jangan sampai ada barang penting yang tertinggal.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.