Beranda » Umroh » Perlengkapan Umroh Wanita Musim Dingin Yang Harus Dipersiapkan

Bagi yang berangkat umroh bertepatan bulan November, Desember, Januari atau Februari mungkin akan bertepatan dengan musim dingin di sana. Suhu musim dingin disana pada umumnya bisa mencapai -10 derajat celcius. Maka dari itu perlu disiapkan keperluan khusus yang harus dibawa. Berikut akan diuraikan apa saja perlengkapan umroh wanita musim dingin :

Perlengkapan Ibadah

Jika kebetulan berangkat umroh bertepatan dengan musim dingin, namun bukan berarti harus melewatkan ibadah umroh dengan bersantai. Oleh karena dari awal sudah ada niat untuk beribadah umroh, maka sudah seharusnya untuk tetap konsisten melakukan serangkaian ibadah tersebut. Anggap saja sebagai ujian yang harus dilewati dengan ikhlas. Berikut apa saja perlengkapannya

  • Mukenah untuk keperluan sholat di masjid, bawa secukupnya
  • Baju gamis syar’i
  • Kain Ihrom
  • Jilbab, bisa juga bergo yang panjang dan praktis
  • Pakaian dalam
  • Pakaian tidur seperti piyama, daster dan lain-lain

Barang-barang diatas hendaknya harus dipersiapkan. Selain itu tidak kalah penting untuk juga dipersiapkan yaitu perlengkapan utama. Yaitu al quran, masker penutup hidung, tas, sandal yang nyaman untuk digunakan serta buku catatan.

Perlengkapan Musim Dingin

Sementara untuk perlengkapan umroh wanita musim dingin sendiri perlu disiapkan barang-barang khusus. Yang tentunya mendukung kenyamanan beribadah selama di tanah suci. Berikut apa saja yang harus dipersiapkan jamaah wanita saat akan umroh pada musim dingin

  • Jaket mantel yang tebal, upayakan untuk membawa jaket mantel yang sangat tebal. Jangan sekali-kali membawa jaket yang seperti digunakan saat Indonesia. Mengingat musim dingin di sana tergolong cukup ekstrem.
  • Kaos kaki, sediakan kira-kira 3 hingga 4 pasang. Ini juga bisa untuk menghalau rasa dingin selama musim dingin disana.
  • Syal, untuk menghalau dingin coba bawa secukupnya
  • Penutup Kepala

Perlengkapan Kesehatan

Sangat kentara perbedaan cuaca di Indonesia dengan di tanah suci. Maka perlengkapan kesehatan perlu disiapkan dan termasuk yang paling penting. Pada umumnya, sebelum berangkat calon jamaah biasa diharuskan untuk melalui serangkaian kesehatan. Jika memang cukup sehat maka diperbolehkan untuk ikut berangkat ibadah umroh.

Namun beberapa ada juga yang diperbolehkan berangkat tapi diharuskan untuk membawa obat-obatan. Upayakan untuk membawa obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter tersebut dan jangan sampai tertinggal. Jika sampai tertinggal, lalu jatuh sakit di sana mungkin akan merepotkan jemaah lain.

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan beberapa obat untuk sakit yang ringan seperti obat herbal masuk angin. Walaupun saat berangkat tubuh cukup fit. Bisa saja di sana terjangkit sakit ringan. Untuk itu bisa juga membawa obat batuk, pilek serta flu.

Skin Care

Sedikit disinggung sebelumnya jika musim dingin di Mekkah cukup ekstrim. Resiko yang paling umum dan besar kemungkinan bakal terjadi yaitu kulit kering. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu juga disiapkan beberapa krim pelembab untuk menghindari kulit menjadi bersisik sehingga rentan terluka. Krim pelembab bisa hand body atau apapun yang biasa digunakan di rumah.

Tidak hanya kulit sebenarnya yang mungkin bisa menjadi kering. Salah satu bagian tubuh yang bisa terkena dampaknya yaitu bagian bibir. Biasanya bibir akan kering lalu mengelupas sehingga timbul rasa tidak nyaman setelahnya. Untuk itu siapkan pelembab bibir juga. Bisa dalam bentuk lips gloss, lips balm atau madu sebagai pelembab bibir.

Usahakan semua barang-barang perlengkapan tersebut dibawa dari tanah air. Memang semua itu bisa didapatkan dan dijual bebas di sana. Namun akan lebih hemat jika tidak perlu membelinya di sana. Selain itu, komunikasi dengan penjual juga sangat terbatas karena perbedaan bahasa. Menyiapkan sendiri dari Indonesia juga praktis dan tidak akan membuang waktu.

Itulah beberapa perlengkapan umroh wanita musim dingin yang bisa diketahui. Yang tidak kalah penting juga bagi para wanita pastikan telah mendapat suntikan pencegah haid agar ibadah lebih nyaman. Insya allah perjalanan umroh akan lancar.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.