Home » Umroh » Persamaan Dan Perbedaan Umroh Dan Haji

Umroh dan haji adalah ibadah yang memiliki rukun dan ketentuan yang berbeda. Oleh sebab itu penting diketahui perbedaan umroh dan haji. Hal ini juga penting agar tidak salah dalam melaksanakan atau menunaikan ibadah keduanya. Banyak orang cukup hanya dengan melakukan haji namun pada hakikatnya hal ini salah.

Perbedaannya sangat kontras walaupun dilakukan di Mekkah. Selain itu ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja kecuali waktu yang diharamkan. Sedangkan haji hanya dapat dilakukan setahun sekali dan dengan waktu yang ditentukan. Pada  umumnya masih ada yang mengatakan jika keduanya sama.

5 Point Perbedaan Umroh dan Haji

Secara signifikan ibadah umroh dan haji memiliki perbedaan walaupun dengan tujuan yang sama. Perbedaan ini sangat penting agar tidak salah dalam melaksanakan ibadah kepada allah adapun perbedaannya simak point-point berikut:

1. Dari Aspek Hukum

Ibadah haji adalah salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan. Sedangkan umroh sunnah muakad atau dengan kata lain sunnah yang diutamakan.

2. Waktu Pelaksanaannya

Begitu juga dengan waktu pelaksanaan nya ibadah haji hanya dilaksanakan pada waktu tertentu yaitu pada bulan haji tanggal 9 – 13 dzulhijah. Sedangkan umroh kapan saja kecuali pada arofah pada 9 dzulhijah, tanggal 10 dzulhijjah hari nahar, dan hari tasyrik atau tanggal 11,12,13 Dzulhijah. Artinya umroh tidak dapat dilaksanakan pada saat ibadah haji dilangsungkan.

3. Tempat Pelaksanaan

Begitu juga dengan tempat pelaksanaan walaupun dilakukan Makkah tetapi ibadah haji dianjurkan atau diharuskan menunaikan rukun yang bertempat di luar makkah. Misalnya pada rukun wukuf di Arafah, menginap di Muzdhalifah, serta melempar jumroh di Mina.

4. Perbedaan Rukun

Point berikutnya adalah perbedaan rukun dan tata cara pelaksanaannya. Perbedaan rukun pada waktu umroh seperti Ihram, Tawaf,Sya’i dan Tahalul.  Dan sedangkan haji memiliki 3 rukun wukup di arafa, menginap di Muzdhalifah dan melempar jumroh di Mina.

5. Tingkat Keramaian

Dan point terakhir adalah pada saat melaksanakan ibadah haji seluruh umat muslim dari seluruh penjuru dunia akan berkumpul di makkah untuk melakukan ibadah haji oleh sebab itu jamaah akan membludak dan sangat ramai. Sedangkan umroh tidak sebanyak jamaah pada saat ibadah haji.

Persamaan Ibadah Umroh dan Haji

Selain perbedaan kedua ibadah ini juga memiliki persamaan. Agar lebih seimbang informasi dan pengetahuan tentang ibadah haji dan umroh. Ada perlunya dijelaskan persamaannya.  sehingga bagi yang hanya bisa melakukan ibadah umroh tidak perlu merasa sedih. Karena keduanya memiliki nilai ibadah yang sama di mata Allah apa saja persamaannya berikut ini ulasannya:

  • Kedua ibadah tersebut sama sama bernilai pahala
  • Sama-sama diawali dengan ihram
  • Baik ibadah haji maupun umroh sama-sama dikerjakan dengan mengambil miqat makani terlebih dahulu.
  • Sama-sama melakukan rukun ihram, thawaf, sa’i dan tahalul.

Perbedaan umroh dan haji tidak langsung membedakan tingkatan dan pahala umat muslim yang menjalankannya. Karena hanya Allah SWT yang berhak memberikan besaran pahala manusia beribadah. Segala sesuatu dinilai mulai dari niat, dan rukun serta upaya umat dalam menjalankan ibadah.

Perbedaan di atas tidak harus dijadikan prioritas namun penting agar ibadah yang dilaksanakan benar-benar bernilai kebaikan di mata Allah SWT. Tunaikan keduanya jika memang mampu dan jika yang belum mampu lakukan umroh juga terlebih dahulu juga tidak menjadi permasalahan. Dan jika belum mampu melaksanakan keduanya tetap berniat untuk melaksanakannya hingga mampu menunaikannya. Semoga diperkenankan dan di kabulkan.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.