Beranda » Wisata Bandung » Wisata Kota Bandung » Rekomendasi Objek Wisata Babakan Siliwangi Bandung

Kota Bandung memiliki hutan kota yang disebut dengan Babakan Siliwangi Bandung. Di tempat ini terdapat banyak pepohonan rimbun yang difungsikan sebagai hutan kota. Di tempat ini juga terdapat sarana pendidikan tentang menjaga kelestarian lingkungan . Pengunjung yang datang tidak hanya berasal dari Bandung saja, bahkan kawasan ini juga menarik wisatawan asing saat berkunjung ke Bandung.

Sejarah Babakan Siliwangi Bandung

Kawasan Babakan Siliwangi Bandung merupakan daerah lembah yang dibentuk sungai Cikapundung sejak ribuan tahun lalu. Pada zaman penjajahan, tempat ini dikenal sebagai sabuk hijau Kota bandung dengan nama Lebak Gede. Setelah kemerdekaan, pengelolaan Lebak gede dipegang oleh pemerintah Kota bandung dan dijadikan objek wisata seni dan kuliner.

Era awal 90an, pembangunan fisik di kawasan ini terus dilakukan sebagai bagian perluasan dari kampus ITB. Hingga pada 2001 muncul wacana bahwa babakan Siliwangi akan dijadikan pusat wisata terpadu yang terdiri dari apartemen, pusat perbelanjaan, wahana dan rumah makan. Kerjasama dengan pihak swasta mulai dilaksanakan.

Pada 2013, pemerintah memutus kerjasama dengan pihak swasta dan menjadikan sepenuhnya kawasan ini sebagai hutan kota yang bebas diakses oleh masyarakat. Pada 2014, pemerintah menyelenggarakan sayembara terbuka untuk penataannya sehingga Babakan Siliwangi dapat menjadi hutan kota kelas dunia sampai saat ini.

Lokasi Babakan Siliwangi

Taman hutan kota Babakan Siliwangi Bandung berada di JL. Tamansari no 73 Kota Bandung. Lokasinya berdekatan dengan gedung olahraga Sabuga kampus ITB. Sarana transportasi umum untuk menuju kesana juga banyak karena lokasinya yang strategis. Bus adalah sarana transportasi umum yang umumnya digunakan pengunjung dari luar kota.

Fakta Tentang Forest Walk Babakan Siliwangi

Forest Walk adalah fasilitas khusus pejalan kaki bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana hutan dari dekat tanpa harus menembus lebatnya hutan. Forest Walk di Babakan Siliwangi Bandung merupakan inovasi dari pemerintah yang bertujuan memberikan kenyamanan bagi pengunjung. Beberapa fakta yang dapat menambah pengetahuan tentang forest walk adalah sebagai berikut:

1. Sarana Edukasi Lingkungan

Sepanjang area forest walk terdapat berbagai macam poster tentang jenis tumbuhan yang ada di babakan Siliwangi Bandung dan beberapa poster bertema lingkungan hidup. Setiap akhir pekan, di area ini juga disediakan pendidikan gratis bagi pengunjung tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

2. Forest Walk  Terpanjang Di Asia Tenggara

Berada dalam lahan seluas 3,8 hektare, Forest Walk Babakan Siliwangi Bandung memiliki panjang sejauh 2km. Awal mula pembangunan fasilitas ini adalah sepanjang 600meter. Setelah revitalisasi dan diresmikan pada Januari 2018, panjang forest walk ini menjadi sejauh 2km dan ketinggian 3meter dari permukaan tanah dengan lebar 2,6meter. Hal ini semakin membuat nyaman para wisatawan yang berkunjung kesana.

3. Tempat Wisata Yang Unik Di Bandung

Sisi keunikan Forest walk ini yaitu jalur yang dibuat berkelok-kelok  untuk menghindari pohon besar. Untuk melindungi batang pohon yang masih kecil, di tengah jalur dibuat lubang panel kayu kecil diatas lintasan jalur. Desain rangka jalur forest walk juga dibuat mengikuti kontur tanah, yakni menanjak dan menurun. Pada malam hari disediakan lampu penerangan LED di beberapa titik untuk kenyamanan pengunjung.

4. Wisata Alam Bandung Kelas Dunia

Konsep pembuatan forest walk ini merupakan standard wisata alam kelas dunia, dimana pengunjung dapat menikmati dan dekat dengan alam dengan cara yang mudah dan aman. Dengan adanya fasilitas ini, masyarakat diharapkan lebih mencintai alamnya tanpa merusak maupun bersentuhan dengannya.

5. Rekomendasi Wisata Keluarga

Forest walk Babakan Siliwangi juga menyediakan lahan khusus yang dapat digunakan bagi keluarga yang ingin berpiknik sambil menikmati kesegaran hutan. Area ini setiap akhir pekan selalu dipenuhi keluarga dari berbagai daerah untuk berkumpul bersama dan melakukan kegiatan piknik.

6. Pusat Pelepasan O2 Terbesar Di Kota Bandung

Tumbuhan yang berada di kawasan Babakan Siliwangi Bandung berfungsi sebagai penyaring polusi udara. Badan statistik kota Bandung memperkirakan kawasan ini mampu menyerap CO2 hingga 13.680kg perhari, sementara pelepasan O2 sebanyak 9120kg per hari. Menjadikan kawasan ini sebagai pusat pelapasan oksigen terbesar di Kota Bandung.

Sebagai paru-paru kota, kawasan Babakan Siliwangi Bandung memberikan banyak manfaat bagi warga Kota Bandung. Tidak ada tarif  khusus untuk masuk ke kawasan ini. Hanya dikenakan biaya parkir dan selebihnya pengunjung dapat menikmati fasilitas secara gratis. Diharapkan hal ini dapat menjadikan tingginya antusias bagi wisatawan yang berkunjung kesana.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.