Home » Umroh » Sangat Membantu Calon Jamaah, Inilah Persyaratan Paspor Umroh

Umroh menjadi ibadah yang memiliki pahala besar bagi umat muslim. Pada melakukan ibadah ini, muslim akan melaksanakan sebagian besar dari bagian ibadah haji yang merupakan rukun islam yang terakhir. Untuk melakukan ibadah umroh, umat muslim di Indonesia wajib mempunyai paspor umroh. Berikut ini adalah persyaratan paspor umroh yang perlu muslim Indonesia ketahui :

1. Mempersiapkan Dokumen

Sebelum mengajukan pembuatan paspor umroh, muslim Indonesia wajib menyiapkan persyaratan dokumen yang diperlukan. Diantaranya adalah :

  • Kartu Tanda Penduduk : dokumen ini berupa E-ktp yang masih berlaku
  • Dokumen Pendukung (Surat Nikah, Akte, Ijazah) : dokumen pendukung bisa hanya salah satu dari ke tiga dokumen tersebut.
  • Rekomendasi Dari Atasan : surat ini diperlukan bagi pegawai negeri, TNI, Polri serta karyawan dan tidak berlaku untuk wirausaha
  • Surat Penjamin Dari Biro Perjalanan : surat ini terdiri dari dua lembar surat yang menerangkan mengenai calon jamaah umroh. Surat ini diberikan ketika muslim Indonesia telah melakukan pendaftaran ibadah umroh melalui biro perjalanan.

2. Mempersiapkan Biaya Pembuatan

Pembayaran biaya pengajuan paspor umroh ini dilakukan di kantor imigrasi tempat melakukan pengajuan pembuatan. Biaya yang diperlukan dalam pengajuan paspor umroh berkisar kurang lebih dua ratus ribu rupiah. Pembayaran biaya ini di lakukan pada saat verifikasi dokumen di kantor tenaga imigrasi terdekat.

3. Melakukan Pengajuan Data

Setelah mempersiapkan dokumen dan biaya pengajuan, maka muslim Indonesia yang hendak melakukan ibadah umroh bisa langsung mengajukan pembuatan paspor. Pengajuan ini bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu :

  • Secara Online : pengajuan online bisa dilakukan dengan mengunjungi web resmi kantor imigrasi di www.imigrasi.co.id. Kemudian calon jamaah umroh bisa mengisi seluruh data diri di halaman pengajuan paspor umroh. Dan mengupload persyaratan dokumen seperti yang tertera di atas. Kemudian setelah pengajuan berhasil dilakukan, calon jamaah dimohon untuk verifikasi di kantor dengan membawa print form yang dicetak melalui website kantor imigrasi.
  • Secara Offline : selain secara online, pengajuan bisa dilakukan dengan datang langung ke kantor imigrasi. Dengan membawa dokumen resmi serta fotocopian dari masing-masing dokumen yang dipersyaratkan.

5. Menjalani Rangkaian Proses Pembuatan

Baik pengajuan secara online maupun offline, peserta pengajuan paspor tetap diwajibkan datang ke kantor imigrasi. Namun yang berbeda bila melakukan pengajuan melalui online, muslim tidak perlu mengisi form secara manual di kantor imigrasi.

Setelah semua dokumen dan form telah siap maka muslim bisa melakukan tahapan proses persyaratan paspor umroh di kantor imigrasi. Semua proses biasanya dapat dilakukan dengan sistem one day service. Dengan waktu tunggu cetak paspor selama beberapa hari kerja.

6. Mengikuti Sesi Foto

Calon jamaah umroh di kantor Imigrasi kemudian akan dipanggil untuk mengikuti proses pengambilan gambar. Persyaratan foto ini dilakukan tanpa menggunakan aksesoris, seperti kaca mata dan lensa. Untuk muslimah Indonesia yang akan melakukan foto paspor umroh diperkenankan tetap mengenakan jilbab.

7. Mengikuti Sesi Wawancara

Setelah semua proses selesai maka calon jamaah umroh Indonesia diwajibkan mengikuti sesi wawancara sebagai syarat pembuatan paspor. Pertanyaan yang ditujukan seperti mengenai identitas dan juga tujuan pembuatan paspor. Ketika semua data sudah clear dan tidak ada kesalahan kemudian paspor akan dicetak dalam buku. Waktu tunggu pengambilan paspor tidak lebih dari 4 hari.

Itulah persyaratan paspor umroh yang berlaku di Indonesia, sebelum melakukan ibadah umroh muslim harus telah memiliki paspor terlebih dahulu. Paspor umroh terdiri dari 48 halaman dengan cover hijau dan tidak sama dengan paspor TKI yang berjumlah 24 halaman.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.