Beranda » Wisata Bandung » Wisata Kota Bandung » Saung Angklung Udjo Bandung

Bagi kalian para treveller yang ingin berwisata ke tempat yang beda dari biasanya tapi seru, unik dan mendidik maka kalian bisa mencoba datang ke Saung Angklung Mang Udjo Bandung. Tempat apakah itu? Dibawah ini penjelasan mengenai tempt tersebut. Selamat membaca.

Sejarah Saung Angklung Mang Udjo Bandung

Saung Angklung Mang Udjo Bandung merupakan tempat pertunjukkan, pusat kerajinan tangan dari bamboo dan  workshop instrument musik dari bamboo. Didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati dengan tujuan sebagai laboratorium kependidikan dan pusat belajar untuk memelihara kebudayaan Sunda khususnya angklung.

Namun semakin lama saung ini semakin maju dan berkembang. Tidak hanya angklung saja, tapi budaya Sunda lainnya juga dibawa. Itulah yang menjadi ketertarikkan tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

Lokasi Saung Angklung Mang Udjo

Lokasi Saung Angklung Mang Udjo Bandung ini berada di Jalan  Padasuka 118 Bandung Timur Jawa Barat. Dengan suasana  tempat yang segar udaranya, dikelilingi dengan pepohonan bambu, interior dari bambu dan pastinya alunan musik angklung.

Untuk mencapai tempat ini, jika naik kendaraan pribadi mobil ataupun sepedah motor dari arah Jakarta maka pilih arah Cipularang. Naik ke fly over Pasopati, setelah itu ikuti petunjuk arah kea rah Cicaheum. sekitar 100 meter sebelum terminal, ikuti petunjuk arah ke jalan Padasuka. Kalian akan menemui petunjuk ke lokasi. Bila menggunakan angkutan umum, dari Pasopati

Harga Tiket Masuk Saung Angklung

Untuk harga tiket masuk ini dibagi dalam beberapa kategori yaitu. Wisatawan domestik  Rp 60.000, wisatawan mancanegara  Rp. 100.000, pelajar domestik  Rp. 40.000, pelajar mancanegara  Rp. 60.000, anak dibawah umur 3 tahun gratis. Harganya termasuk terjangkau bukan untuk dapat berkunjung ke wisata edukasi ini.

Pertunjukan Kesenian Di Saung Angklung

Ada banyak pertunjukan kesenian menarik yang diadakan di Saung Angklung Mang Udjo Bandung ini. Biasanya ditampilkan setiap hari pada sore hari, sekitar pukul 15:30 sampai 17:30 WIB. Pertunjukkan tersebut tidak hanya menampilkan permainan musik angklung saja tapi juga tarian tradisional dan wayang golek. Pertunjukan ini digunakan sebagai tempat perkenalan budaya sunda kepada wisatawan yang berkunjung ke saung angklung ini. Berikut adalah beberapa pertunjukkan yang dapat kalian saksikan adalah :

1. Wayang Golek

Yaitu pementasan sandiwara boneka kayu khas sunda yang mirip dengan badan manusia dan juga dilengkapi dengan kostum yang menarik. Setiap pementasan wayang golek pasti akan memberikan nasehat atau pesan moral bagi yang melihat dan memainkannya.

2. Tari Topeng

Tarian khas Cirebon yang dibawakan oleh penari perempuan. Saat pertama kali menari, penari ini tidak menggunakan topeng, karena sedang menyamar menjadi pembawa berita dari Majapahit untuk menyelidiki Kerajaan Blambang. Namun setelah itu penari tersebut akan memakai topeng, karena menyamar menjadi pria gagah untuk melawan Prabu Menakjingga.

3. Helaran

Upacara tradisional untuk acara khitanan dan upacara panen padi. Musik yang digunakan untuk acara ini bersifat senang karena untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala rezeki yang diberi oleh-Nya.

4. Angklung Orkestra

Memadukan music angklung dengan berbagai jenis lagu. Mulai lagu anak-anak, lagu pop, lagu barat, sampai lagu dangdut dapat diiringi oleh angklung orkestra ini.

5. Memainkan Angklung Dan Menari Bersama

Di akhir dari wisata ini kalian bisa memainkan beberapa angklung yang digunakan anak-anak bimbingan Saung Udjo. Meski hanya sebentar namun kalian sudah bisa merasakan bermain angklung bersama. Dan tidak hanya itu kalian juga akan diajak menari bersama saat pertunjukkan terakhir, jadi kalian tidak hanya menonton tapi kalian juga bisa ikut menarik dan bermain angklung bersama.

Fasilitas Di Saung Angklung Mang Udjo

Selain menampilkan berbagai macam pertunjukan kesenian tradisional, Saung Angklung Mang Udjo Bandung juga memiliki berbagai fasilitas pendukung. Fasilitas tersebut adalah buruh sari asih, pusat produksi angklung, bale karesemen, saung dan dapur Udjo, toko souvenir, guest house bagi yang ingin menginap juga ada, dan yang tidak ketinggalan adalah fasilitas lahan parkir yang luas dan toilet yang bersih.

Itulah beberapa fasilitas yang disediakan oleh saung angklung Mang Udjo Bandung. Jadi kalian tidak usah khawatir, semua fasilitas disana sangat lengkap loh. Mengunjungi Saung Angklung Mang Udjo Bandung bisa menjadi wisata edukasi yang menarik bagi kalian yang ingin berwisata bersama seluruh anggota keluarga kalian.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.