Home » Umroh » Sejarah Dan Pahala Ibadah Di Masjid Quba

Saat melaksanakan ibadah umroh, tentu saja para jemaah akan diajak untuk berziarah ke makam para nabi, dan juga berkunjung ke tempat tempat ibadah. Salah satu tempat ibadah yang dikunjungi adalah masjid Quba. Masjid ini terletak di pinggir kota Madinah, dan berjarak sekitar 3 km dilihat arah selatan dari masjid Nabawi.

Masjid ini memiliki luas hingga 135 ribu meter persegi, dan memiliki cat berwarna putih. Berdasarkan sejarah, Masjid ini sangat istimewa, sehingga para jamaah haji dan umroh senang berkunjung kesini. Sehingga melakukan amalan di masjid Quba ini, akan diberi ganjaran pahala yang tinggi. 

Sejarah Dibangunnya Masjid Quba

Berdasarkan sejarah, tanah milik Kalsum bin Hasan inilah masjid agung ini bisa didirikan. Masjid ini sangatlah spesial, karena Rasulullah SAW bersama para sahabatnya yang membangun masjid ini. Dan juga, masjid ini sebagai masjid pertama Rasulullah Saw Melakukan sholat berjamaah bersama para sahabatnya.

Diceritakan pada saat itu, Rasulullah Saw ingin berhijrah menuju Madinah, lalu bersinggahlah selama 4 hari di Quba. Lalu Rasulullah membangun masjid di tempat itu yang diberi nama masjid Quba. Masjid itu berdiri kokoh dan Mahsyur yang menandakan sebagai simbol bahwa Islam sudah hadir.

Yang lebih istimewa dari masjid ini adalah pembangunan masjid ini diceritakan dalam Alquran surat at-taubah : 108. firman Allah dalam Alquran mengatakan bahwa masjid Quba dibangun atas dasar takwa. Allah SWT berfirman yang artinya

“Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih.”

Masjid ini sangat dicintai juga oleh Rasulullah shallallahu sehingga beliau sering menyempatkan sholat di masjid Quba. Nabi Muhammad Saw berkunjung ke masjid ini dengan menunggangi untanya atau pula berjalan kaki.

Pahala Ibadah Di Masjid Quba

Masjid ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, sehingga tak heran banyak para jemaah haji dan umroh yang melakukan ibadah di masjid ini. Bagaimana tidak? Melaksanakan sholat dua rakaat di masjid ini diberi ganjaran seperti pahala orang yang umroh.

Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah Saw
Dari Usaid bin Zhuhair Al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
الصَّلاَةُ فِى مَسْجِدِ قُبَاءٍ كَعُمْرَةٍ
“Shalat di Masjid Quba’, (pahalanya) seperti umrah.”(HR. Tirmidzi, no. 324 dan Ibnu Majah, no. 1411.)

Dari Sahl bin Hunaif radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ تَطَهَّرَ فِى بَيْتِهِ ثُمَّ أَتَى مَسْجِدَ قُبَاءٍ فَصَلَّى فِيهِ صَلاَةً كَانَ لَهُ كَأَجْرِ عُمْرَةٍ
“Siapa yang bersuci di rumahnya, lalu ia mendatangi masjid Quba’, lantas ia melaksanakan shalat di dalamnya, maka pahalanya seperti pahala umrah.” (HR. Ibnu Majah, no. 1412, An-Nasai, no. 700. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Dari ‘Abdullah bin Dinar, ia mendengar ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata,
كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – يَأْتِى قُبَاءً رَاكِبًا وَمَاشِيًا
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa mendatangi Masjid Quba’ sambil memakai kendaraan, dan (kadang) berjalan kaki.” (HR. Bukhari, no. 1194 dan Muslim, no. 1399)

Dalam riwayat Muslim lainnya disebutkan, ‘Abdullah bin Dinar berkata,
أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَأْتِى قُبَاءً كُلَّ سَبْتٍ وَكَانَ يَقُولُ رَأَيْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- يَأْتِيهِ كُلَّ سَبْتٍ
“Ibnu ‘Umar biasa mendatangi Masjid Quba’ pada hari Sabtu. Ia berkata bahwa ia melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi masjid tersebut pula pada hari Sabtu.”

Berlomba lomba dalam kebaikan memang tak ada salahnya, hal itu bisa dilakukan berbagai cara. Salah satunya beribadah umroh dan mengunjungi Masjid Quba.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.