Beranda » Wisata Bandung » Wisata Bandung Selatan » Situ Cileunca Bandung

Bandung merupakan daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak wisata alam indah dan menakjubkan. Daerah ini tidak hanya menghadirkan wisata alam yang alami saja, melainkan juga wisata alam buatan yang tak kalah bagusnya. Salah satu wisata alam buatan di daerah ini yang cukup terkenal dan menakjubkan adalah Situ Cileunca Bandung.

Lokasi Dan Cara Menuju Situ Cileunca

Situ Cileunca merupakan sebuah tempat wisata alam buatan yang berlokasi di Desa Wanasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Wisatawan yang hendak menuju ke tempat wisata ini bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi, maka wisatawan bisa melihat arah lokasi dengan menggunakan google maps yang tersedia di smartphone. Tetapi, jika wisatawan menggunakan kendaraan umum, maka wisatawan bisa menggunakan transportasi bus umum atau angkutan kemudian berhenti di terminal atau Desa Wanasari. Setelah itu, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek.

Daya Tarik Situ Cileunca Yang Menakjubkan

Meskipun Situ Cileunca merupakan sebuah danau buatan, tetapi keindahan alam disini begitu menakjubkan dan tak kalah dengan danau asli lainnya. Disini, wisatawan bisa menikmati berbagai macam keindahan pemandangan serta kegiatan guna mengisi waktu luang liburan. Berikut beberapa daya tarik Situ Cileunca Bandung yang menakjubkan dan perlu diketahui oleh wisatawan :

1. Danau Buatan Yang Indah

Situ Cileunca Bandung merupakan sebuah wisata danau buatan dengan luas sekitar 1.400 hektar yang dibangun Belanda di tahun 1926. Danau buatan ini tepatnya terletak di kawasan dataran tinggi atau pegunungan di Pangalengan Bandung. Oleh karena hal itu, udara disini sangat sejuk dan dingin.

Situ Cileunca memiliki pesona pemandangan alam sekitar yang sangat indah dan menakjubkan. Terdapat berbagai macam pepohonan hijau yang rindang mengelilingi tempat ini serta hamparan air danau yang berwarna bening. Danau buatan Situ Cileunca ini dibangun dengan kedalaman hingga mencapai 17 meter.  

2. Menikmati Sensasi Keliling Danau Dengan Perahu

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini bisa menikmati sensasi berkeliling seluruh danau dengan menggunakan fasilitas perahu kayu. Selanjutnya wisatawan akan dibawa menuju ke tengah danau dan juga menjelajahi sisi danau yang menakjubkan.

Satu perahu ditawarkan dengan harga sekitar 75 ribu rupiah dan bisa memuat sekitar 10 orang. Jika dibagi, maka setiap orang penumpang hanya mengeluarkan biaya sebesar 7.500 rupiah saja.

3. Merasakan Pengalaman Camping Di Situ Cileunca

Situ Cileunca Bandung juga menyediakan tempat untuk para wisatawan yang ingin melakukan camping di sekitaran danau. Hal ini tentunya membuat wisatawan memiliki pengalaman menikmati pemandangan alam saat malam hari di Situ Cileunca Bandung. Pengalaman tersebut tentunya menjadi sangat berharga dan berkesan bagi para wisatawan.

Selain itu, wisatawan yang ingin bermalam disini tidak perlu khawatir membawa banyak peralatan kemah yang merepotkan. Disini, tersedia Citere Camping Ground yang menyediakan semua fasilitas camping seperti matras, tenda, alat maemasak, kayu bakar, dan juga lampu penerangan. Hal ini tentunya bisa memudahkan kegiatan camping para wisatawan.

4. Tempat Outbound Yang Seru

Wisatawan yang berkunjung ke Situ Cileunca Bandung juga bisa melakukan segala jenis outbound yang seru. Berbagai jenis paket outbound disediakan disini. Oleh karena itu, tempat ini cocok sekali dipilih bagi wisatawan yang hendak menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terdekat.

Beberapa jenis kegiatan outbound yang menakjubkan adalah rafting sungai, flyingfox, painball, panahan, serta pangalengan tour. Setiap jenis outbound tersebut tentunya memiliki harga yang berbeda-beda. Misalnya saja flyingfox lintas danau yang dibanderol dengan harga sekitar 35 ribu rupiah.

5. Digunakan Sebagai PLTA

Selain digunakan sebagai tempat wisata alam, Situ Cileunca Bandung juga merupakan sumber air yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air atau PLTA. Air yang bersumber dari danau ini kemudian dialirkan ke Sungai Palayangan dan kemudian digunakan sebagai energi listrik.

Situ Cileunca juga merupakan batas pemisah antara dua wilayah desa yaitu Desa Pulosari dengan Desa Wanasari. Kedua warga desa tersebut sampai harus mengelilingi danau terlebih dahulu dengan menelusuri jalan pinggiran danau untuk sampai ke desa lainnya. Hal tersebut disebabkan karena begitu luasnya Situ Cileunca.

Itulah beberapa daya tarik Situ Cileunca Bandung yang menakjubkan dan harus diketahui oleh wisatawan. Jika Anda sedang berkunjung ke Bandung, sempatkanlah untuk mengunjungi danau ini dan merasakan sensasi pemandangan alam yang begitu menakjubkan.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.