Beranda » Wisata Bandung » Wisata Bandung Utara » Stone Garden Geopark Bandung

Bila ingin menikmati wisata tak biasa dan memacu adrenalin, Stone Garden Geopark Bandung adalah salah satu pilihan yang tepat. Hal tak biasa yang dapat dilakukan wisatawan disini adalah memacu adrenalin saat menaiki tebing batu. Meskipun begitu, tebing batu ini masih relatif aman untuk pemula.

Untuk dapat sampai ke puncak, wisatawan memang harus bersusah payah. Akan tetapi susah payah tersebut akan terbayar dengan pesona indahnya alam yang dapat dinikmati. Wisatawan dapat menghasilkan stok foto instagram yang tentunya tidak kalah dengan spot instagramable lainnnya di Bandung. Berikut adalah beberapa ulasan tentang Stone Garden Geopark Bandung.

Akses Menuju Lokasi

Lokasi Stone Garden Geopark Bandung terletak di Jalan Cinangsi G. Masigit, Bandung, Jawa Barat. Bagi wisatawan dari luar kota yang akan berkunjung ke tempat ini, ada baiknya untuk menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi untuk menghindari penipuan jasa angkutan yang dipatok dengan harga sangat mahal.

Wisatawan yang mengendarai mobil dari arah Kota Bandung dapat menggunakan jalur tol Purbaleunyi. Kemudian keluar di tol Padalarang menuju ke arah Cianjur. Patokan utama ketika keluar dari jalan tol adalah kawasan Tagog Apu, pantau gapura bertuliskan “Gua Pawon” di kanan jalan. Untuk berbelok kanan, perlu berhati-hati karena tikungan rawan kecelakaan.

Bagi pengguna sepeda motor, langsung tuju saja kawasan Kota Baru Parahyangan untuk menghindari kekeliruan menuju Cimahi di persimpangan jalannya. Kemudian, lanjutkan arah Cianjur ke Batu Apu. Gapura bertuliskan Gua Pawon ada di sebelah kanan. Hati-hati untuk berbelok kanan saat memasuki persimpangan dan jalanan berbatu.

Persiapan Saat Berkunjung Ke Stone Garden Geopark

Karena rute perjalanan menuju spot terbaik adalah cukup berat, diperlukan stamina yang benar-benar kuat. Pastikan perut sudah terisi karena energi akan terkuras untuk naik ke bukit. Persiapkan pula obat-obatan dan air mineral untuk antisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Letaknya yang di atas bukit membuat cuaca menjadi sangat terik pada siang hari. Ada baiknya untuk menggunakan krim tabir surya agar kulit terlindungi dari sinar matahari yang menyengat. Agar penglihatan tidak silau dan mengganggu perjalanan, bawalah topi atau penutup kepala lainnya dan kacamata.

Fasilitas Umum Dan Harga Tiket

Stone Garden Geopark Bandung menyediakan fasilitas umum yang cukup di wilayahnya. Adapun fasilitas yang disediakan antara lain tempat parkir kendaraan dan toilet. Wisatawan juga tidak perlu takut kelaparan karena ada warung yang berjajar serta gazebo untuk beristirahat. Bagi wisatawan muslim, disediakan pula mushola untuk beribadah.

Untuk berwisata di Stone Garden Geopark ini, tidak perlu mengeluarkan biaya tiket yang mahal. Cukup dengan kurang lebih Rp. 15.000,- per orang, wisatawan dapat menikmati keindahan tempat ini sepuasnya. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk utama, dan biaya parkir. Foto pre-wedding di tempat ini dikenakan biaya sekitar Rp. 300.000

Daya Tarik Dan Pesona Stone Garden Geopark

Stone Garden Geopark ini memiliki daya tarik yang tidak ditemukan ditempat lain. Beberapa daya tarik dan juga pesona yang disuguhkan Stone Garden Geopark ini diantaranya:

1.  Objek Wisata Ini Merupakan Situs Bersejarah

Menurut pakar arkeolog, kawasan ini merupakan pegunungan kapur yang terbentuk dari terumbu karang dasar laut. Pada 20-30 juta tahun lalu, Bandung adalah kawasan laut dangkal yang kemudian mengering dan menjadi dataran tinggi seperti saat ini. Stone Garden masih satu wilayah dengan Goa Pawon yang banyak ditemukan artefak peninggalan makhluk purbakala.

2. Keindahan Susunan Batuan Artistik

Pesona yang paling menarik yang akan didapati oleh wisatawan disini adalah susunan batu yang sangat artistik. Bebatuan tersebut menjulang rapi dan berformasi sedemikian rupa. Hamparan batuan dengan ukuran bervariasi tersusun dengan indah sehingga membuat wisatawan merasa seperti tidak sedang di Bandung.

3. Melihat Bentang Alam Dari Ketinggian

Sesampainya di puncak bukit, wisatawan disuguhi hamparan lahan pertanian milik warga sekitar dan langit terbentang luas. Selain itu, dapat terlihat juga Gunung Masigit yang sama indahnya dengan Stone Garden ini. Keindahan matahari terbit dan tenggelam juga dapat dinikmati dari puncak bukit. Jalan yang dilewati menuju puncak terlihat samar dari ketinggian.

4. Memacu Adrenalin Dengan Berfoto Di Tepi Bukit

Banyaknya spot foto yang menarik, menjadikan tempat ini sebagai incaran para pecinta fotografi. Berlokasi di ketinggian tentu memacu adrenalin wisatawan. Meskipun terlihat berbahaya, namun pihak pengelola sangat memperhatikan keamanan. Bahkan bila wisatawan ingin berfoto di antara  2 tebing, diwajibkan mengenakan perlengkapan safety dan ditemani petugas ahli.

5. Spot Climbing Yang Menantang

Selain fotografer, tempat Stone Garden Geopark Bandung juga menjadi incaran para pecinta alam yang memiliki hobi climbing. Banyak tempat yang dapat dijadikan spot climbing di tempat ini. Akan sangat menantang karena wisatawan dapat melakukan climbing langsung di alam. Baik pria maupun wanita dari komunitas climbing, seringkali berpartisipasi untuk climbing disini.

Demikian sedikit ulasan tentang destinasi wisata Stone Garden Geopark Bandung yang dapat menjadi referensi liburan. Meski perjalanan jauh dan perlu perjuangan menuju Stone Garden, lelah terbayar dengan keindahan yang terlihat sejak awal memasuki kawasan masuknya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.