Beranda » Umroh » Syarat Daftar Umroh Yang Perlu Dipersiapkan Jamaah

Kegiatan umroh merupakan kegiatan wajib dilakukan oleh orang beragama islam yang mampu. Jika kita termasuk salah satunya maka selain mempersiapkan fisik tentu yang lebih utama mencari tahu syarat daftar umroh seperti apa. Syarat ini biasanya tentang perlengkapan dokumen.

Dokumen yang perlu dipersiapkan berbeda-beda dilihat dulu siapa yang berangkatnya, jika yang berangkat seorang gadis dan seorang ibu-ibu maka ada sedikit perbedaan dokumen.  Supaya lebih jelasnya simaklah apa saja yang  perlu dipersiapkan jamaah yang ingin melakukan ibadah umroh yaitu sebagai berikut :

Menyiapkan Paspor

Hal pertama dalam syarat daftar umroh yang harus dipersiapkan adalah paspor karena perjalanan yang dilakukan adalah ke luar negeri. Jumlah tebal halaman dalam paspor yaitu 48 halaman. Paspor yang disiapkan wajib atas nama sendiri tidak boleh atas nama orang lain.

Nama yang ada di paspor itu jumlahnya tiga kata walaupun misalnya nama asli kita hanya berjumlah dua kata. Cara memberikan nama agar sesuai dengan peraturan yaitu berjumlah tiga kata yang namanya hanya dua kata bisa ditambah nama ayahnya.

Menyiapkan Foto Copy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk

Setelah mempersiapkan paspor selanjutnya yaitu dengan mempersiapkan dokumen foto copy Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk. Jika berkaitan dengan Kartu Tanda Penduduk itu artinya yang berangkat umroh minimal sudah berusia 17 tahun. Khusus jamaah yang masih di bawah 17 tahun tidak akan bisa berangkat karena belum memiliki Kartu Tanda Penduduk.

Surat Nikah dan Akta Kelahiran

Para jamaah selanjutnya mempersiapkan dokumen yang berupa data surat nikah dan akta kelahiran. Surat nikah berlaku untuk jamaah yang merupakan suami dan istri, ketika keduanya berangkat di waktu yang bersamaan wajib menyertakan surat nikah. Jika yang berangkat tidak dengan suami atau istrinya atau single maka tidak menyertakan surat nikah tapi dengan menyertakan akta kelahiran.

Akta kelahiran yang perlu dipersiapkan berlaku untuk jamaah tertentu, yaitu jamaah yang pertama berlaku untuk anak perempuan jika anak perempuan tersebut masih berusia di bawah 45 tahun berangkat bersama ayahnya, atau jika anak perempuan tersebut berangkat bersama saudara kandung laki-laki yang berusia 21 tahun.

Kartu Kuning Vaksin Meningitis

Kartu kuning meningitis ini juga merupakan salah satu dari syarat sah umroh yang wajib diperhatikan oleh jamaah umroh. Dalam membuat kartu kuning meningitis ini syaratnya dengan menyerahkan foto yang berukuran 4 x 6 berjumlah satu lembar saja.

Selain menyiapkan foto jamaah juga harus menyertakan fotocopy paspor sebagai syarat dalam pembuatan kartu kuning vaksin meningitis. Setelah menyerahkan pas foto dan fotocopy paspor selanjutnya jamaah membuat kartu kuning vaksin meningitis langsung di kantor kesehatan bandara.

Membayar Biaya Umroh

Syarat daftar umroh yang terakhir adalah membayar biaya umroh biasanya biaya sudah termasuk beberapa fasilitas diantarnya biaya tiket pesawat, biaya untuk hotel, bus yang digunakan selama umroh , termasuk air zamzam, biaya makan jamaah, kemudian biaya yang dibayarkan sudah termasuk biaya pendampingan serta biaya pembimbing selama kegiatan umroh.

Pembayaran biaya umroh yang dibayarkan tentu belum termasuk sejumlah keperluan lainnya. Keperluan yang harus dipersiapkan ketika umroh diantaranya kain ihram dan mukena serta belum termasuk pembuatan paspor.

Demikian syarat daftar umroh yang perlu dipersiapkan oleh para jamaah yang akan melakukan kegiatan umroh. Semua hal yang sudah dipersiapkan yang telah dijelaskan wajib dipersiapkan. Hal-hal yang sudah dijelaskan di atas wajib diketahui bagi jamaah yang akan pergi agar umrohnya berjalan dengan lancar.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.