Beranda » Umroh » Syarat Dan Cara Mengurus Visa Umroh Perorangan

Banyak umat muslim yang ingin pergi beribadah umroh ke tanah suci Mekkah. Bukan hanya di Indonesia saja namun umat muslim seluruh dunia pergi umroh. Namun bagi masyarakat Indonesia harus mengetahui apa saja syarat dan juga cara mengurus visa umroh perorangan.

Pergi berumroh dikarenakan melakukan ibadah umroh akan diberi ganjaran dengan pahala yang sangat besar. Selain itu juga, umrah merupakan jalan untuk mengobati rindu kepada tanah suci juga para nabi. Berikut ini adalah penjelasan mengenai syarat dan juga cara mengurus visa umroh.

Syarat Untuk Mendaftar Visa Umroh

Visa umroh adalah salah satu dokumen surat izin untuk tempat tinggal di Arab Saudi yang hanya digunakan pada saat umroh saja. Tentu saja untuk mendapatkannya diperlukan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah syarat untuk mendaftar Visa umroh diantaranya adalah :

1. Harus Memiliki Paspor

Tentu saja paspor merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi. Paspor tersebut harus memiliki tiga kata nama, Agar tidak membingungkan para petugas. Selain itu juga paspor tersebut harus berlaku, minimal 8 bulan sebelum berangkat umroh.

Namun yang menjadi permasalahan adalah jika nama peserta umroh hanya terdiri dari 1 kata atau 2 kata saja. Maka untuk mengatasi hal tersebut peserta harus melakukan penambahan nama. Nama yang bisa ditambahkan dengan Menggunakan nama belakang ayah atau kakek.

Untuk bisa mengganti nama para peserta umroh harus membawa persyaratan. Seperti paspor asli dan juga fotocopy paspor, fotokopi KTP, kartu keluarga, dan akte kelahiran atau juga ijazah. Untuk melengkapi para peserta juga harus membawa surat rekomendasi dari travel umroh materai 6000 untuk menandatangani surat permohonan.

2. Membawa Kartu Keluarga Dan Akta Kelahiran

Membawa Kartu Keluarga yang asli bukan yang fotokopian. Namun bagi pasangan suami istri yang pergi bersama, wajib membawa surat nikah. Hal itu dilakukan sebagai pembuktian. akte kelahiran yang dibawa adalah surat yang asli. Hal ini diperuntukkan bagi anak dibawah usia 17 tahun dan juga anak perempuan yang berusia hingga 40 tahun.

3. Surat Bukti Kuning Suntik Meningitis Dan Surat Mahram

Hal ini dilakukan sebagai pembuktian kesehatan bagi para peserta. Untuk mendapatkannya bisa pergi ke kantor kesehatan setempat dan melakukan vaksinasi di dinas kesehatan. Bukti surat mahram ini diperuntukkan bagi wanita yang ingin pergi umroh tanpa didampingi mahramnya (suami atau keluarga).

Selain itu bawalah persyaratan cetak pas foto yang harus berlatar putih dengan ukuran 4 kali 6. Cetak foto tersebut sebanyak 6 lembar dengan wajah yang jelas.

4. Surat Pembuktian Transportasi Serta Akomodasi

Bukti yang harus dibawa berupa kontrak hotel dan juga sewa bus selama melakukan ibadah umroh. Tiket pesawat harus jelas dan asli, yaitu pulang – pergi dari Jakarta menuju Jeddah. Selain itu para peserta umroh juga harus menyertakan jadwal selama perjalanan umroh dengan lengkap.

5. Memiliki Data Pihak Yang Bertanggung Jawab

Dalam hal ini selama proses menjalankan ibadah umrah para peserta harus memiliki tetapi hak yang bertanggung jawab.

Cara Mengurus Visa Umroh Perorangan Dengan Mudah

Setelah mengajukan semua persyaratan dengan lengkap lalu para peserta umroh harus mengurus visa umroh. Yang harus dilakukan pertama adalah mengumpulkan berkas pembuatan Visa umroh hingga diterbitkan. Tentu saja hal itu harus melewati beberapa tahapan dan melibatkan beberapa pihak.

Peserta umroh harus mendaftar melalui perantara biro umroh. Lalu biro umroh tersebut memberikan kewenangan untuk mengurus visa peserta umroh ke kedutaan besar Arab Saudi. Dengan menggunakan voucher konfirmasi dari kementerian haji Arab Saudi yang bernama MOFA untuk jemaah umroh.

Nantinya kedutaan besar Arab Saudi akan menerima dan juga memeriksa berkas yang diberi untuk diterbitkan visa umroh. Dengan catatan peserta tidak pernah melakukan tindakan kejahatan dan juga visa umroh hanya berlaku di Kota Mekah, Madinah dan Jeddah.

Itulah beberapa informasi mengenai persyaratan dan juga cara mengurus visa umroh perorangan. Memang sedikit tidak mudah namun itulah kebijakan yang sudah ditetapkan. Yang perlu diingat bahwa visa umroh tersebut hanya berlaku sekali saja

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.