Beranda » Umroh » Tempat Mustajab Untuk Berdoa Di Sekitar Masjidil Haram

Saat beribadah umroh atau haji pasti akan melewati tempat suci salah satunya adalah Masjidil haram. Bagi umat Islam ibadah umroh menjadi waktu untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu Wa ta’ala, salah satunya dengan berdoa. Ada beberapa tempat yang diyakini menjadi tempat mustajab untuk berdoa agar cepat dikabulkan oleh yang maha kuasa.

Tempat mustajab yang berada di sekitar tanah suci tersebut sudah diberitahu melalui hadis-hadis nabi. Biasanya tempat-tempat tersebut berada di sekitar Masjidil haram dengan Ka’bah. Lalu Di mana sajakah tempat itu berada?

Berdoalah kepada Allah dengan bersungguh-sungguh tanpa sedikit pun terdapat sikap syirik. Niscaya, doa-doa tersebut akan dikabulkan oleh Yang maha kuasa terlebih jika berada di tanah suci. berikut ini ada beberapa tempat mustajab untuk berdoa di sekitar Masjidil haram, di antaranya adalah.

1. Di Multazam

Multazam adalah tempat utama yang juga merupakan jarak antara Hajar Aswad dengan pintu Ka’bah. Jika berada di tempat ini, cepatlah untuk mengingat Allah SWT setelah itu berdoa kepada Nya. Jika bisa usahakan untuk memegang pintu Ka’bah sembari berdoa niscaya doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT. Baik itu permintaan urusan dunia maupun juga akhirat.

2. Disekitar Area Tawaf

Disinilah tempat yang dipercayai mustajab ketika berdoa, agar cepat dikabulkan. Area tawaf berlokasi di sekitar kota Mekah atau sekitar 400 meter dari barat daya kota Madinah. Disarankan untuk berdoa sapu jagat ketika berada di area tawaf ini sehingga kebahagiaan dunia dan akhirat tercapai.

3. Di Sumur Air Zam-zam

Seperti yang sudah kita ketahui, maha besar Allah karena air zamzam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Begitu pun bagi orang yang berada di sekitar sumur ini, patutlah berdoa ketika meminum air zam-zam tersebut. Ulama memberitahu bahwa meminum air zam-zam sebanyak 3 kali tegukan sembari menyisipkan doa.

Saat tegukan pertama mintalah kepada Allah agar dimantapkan imannya. Lalu saat tegukan kedua berdoalah kepada Allah agar diberi ilmu pengetahuan. Dan saat tegukan ketiga berdoa kepada Allah agar diberikan rezeki halal yang melimpah.

4. Di Belakang Makam Nabi Ibrahim

Makam Ibrahim berada dekat dengan Ka’bah dan tidak jauh dari tempat Multazam. Ketika sudah selesai melakukan tawaf biasanya umat Islam salat di belakang makam Ibrahim. Saat itulah kesempatan bagi umat muslim untuk memanjatkan doa kepada yang maha kuasa agar doa tersebut cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

5. Di Dalam Kakbah

Memang masuk ke dalam Kakbah itu tidaklah mudah, dan hanya beberapa orang saja yang bisa memasuki Ka’bah tersebut. Hal itu dikarenakan agar tempat Ka’bah selalu suci dan juga terjaga. Sesuai dengan hadis nabi, yang menceritakan tentang Aisyah RA salat di hijir Ismail.

Hijr Ismail juga merupakan salah satu tempat di dalam Ka’bah. Sebab itu banyak orang muslim yang melakukan doa di hijir Ismail saat melakukan tawaf. Umat muslim rela mengantre untuk bisa berdoa doa di tempat tersebut.

6. Di Muzdalifah

Siapa yang tak mengenal Muzdalifah? Tempat yang berada di antara Mina dengan Arafah. Umat Islam percaya bahwa tempat ini merupakan tempat terkabulkannya doa. Sehingga banyak orang yang berada di Muzdalifah untuk mendekatkan diri kepada Allah serta meminta dan berdoa pada Allah.

Itulah beberapa tempat di sekitar Masjidil haram yang mustajab untuk berdoa kepada Allah SWT. Masih banyak lagi tempat-tempat mustajab yang berada di tanah suci. Namun tetap lah berdoa dengan sungguh-sungguh dan juga beribadahlah dengan ikhlas agar mendapatkan pahala.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.