Beranda » Umroh » Tips Melakukan Ibadah Umroh yang Mabrur

Menjalankan suatu ibadah tidaklah asal melaksanakannya saja, tapi harus mengerjakannya dengan baik agar bernilai di sisi Allah. Melakukan ibadah umroh pun demikian. Kata haji dan umroh mabrur sering kita dengar tapi mungkin tidak tahu apa dan bagaimana untuk memperoleh mabrur itu sendiri. Lalu bagaimana mengerjakan ibadah umroh yang mabrur?

Mabruur berasal dari kata al-birr yang mempunyai dua makna yaitu berbuat baik kepada manusia serta tidak menyakitinya. Adapun makna yang kedua adalah memperbanyak ketaatan dan ketakwaan. Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa mabrur adalah umroh haji yang terpenuhi seluruh hukumnya dan dilakukan secara sempurna. Beberapa tips menjalankan ibadah umroh yang mabrur adalah sebagai berikut:

1. Persiapan yang Baik

Sebelum berangkat melaksanakan ibadah umroh, ada hal yang harus dipersiapkan yaitu kesiapan secara fisik. Sebelum berangkat sebaiknya memeriksa kesehatan terlebih dahulu atau melakukan aktivitas yang melatih kebugaran. Misalnya lari-lari kecil dan berjalan kaki untuk membiasakan diri sebelum menjalankan ibadah umroh. Selain itu, mengonsumsi makanan multivitamin untuk menjaga kesehatan badan.

Selain persiapan fisik, ada juga persiapan dalam hal perlengkapan. Sebelum berangkat, sebaiknya menyediakan berbagai perlengkapan baik itu perlengkapan pribadi maupun tidak. Dengan melengkapi semua, aktivitas ibadah tidak akan terganggu dan bisa melakukan ibadah umroh secara khusyu’.

2. Niat Ikhlas dan Mengikuti Tuntunan Nabi Muhammad SAW

Bukan hanya ibadah umroh, ibadah yang lainnya juga tidak akan diterima jika tidak disertakan dengan niat ikhlas karena Allah. Disebutkan dalam hadis bahwa barang siapa yang mengerjakan suatu amalan yang tidak ada contohnya, maka amalan tersebut tertolak. Jadi, selain niat yang sempurna harus juga sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah SAW

3. Menjaga Shalat Berjamaah di Masjid

Allah menjanjikan pahala yang besar ketika shalat di masjidil Haram dan Masjid Nabawi, karena itu dianjurkan untuk menjaga shalat berjamaah. Semua orang pun tahu bahwa shalat berjamaah dan shalat sendirian berbeda pahalanya. Karena itulah, ketika melakukan ibadah umroh sebisa mungkin menjaga shalat berjamaah agar pahalanya semakin dilipatgandakan.

4. Meningkatkan Amalan Sunnah dan Membaca Al-Qur’an

Ketika melakukan ibadah umroh, sebagian besar waktu akan dihabiskan di masjidil Haram dan masjid Nabawi. Selain shalat berjamaah, perbanyak melakukan amalan sunnah. Mendirikan shalat rawatib, shalat sunnah dhuha, tahajjud dan shalat sunnah yang lainnya. Selain itu, memperbanyak membaca Al-Qur’an dan dzikir. 

5. Memperbanyak Membaca Shalawat

Membaca shalawat merupakan hal yang dianjurkan oleh Allah, bahkan Allah pun bershalawat kepadanya ketika seseorang bershalawat kepada Rasulullah SAW. Ibadah umroh merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperbanyak shalawat. Bahkan orang yang bershalawat akan diberi syafaat oleh Rasulullah di hari kemudian. Jangan membuang-buang waktu dengan berbicara yang tidak perlu.

6. Berbuat Baik Kepada Sesama

Agar ibadah umroh yang dilakukan mencapai kesempurnaan, dianjurkan untuk berbuat baik kepada saudara. Apabila di tengah perjalanan atau saat melakukan ibadah terjadi sesuatu dengan teman, segerakan bantuan untuknya. Bukan hanya beribadah kepada Allah tanpa memperhatikan sekitar kita. Selain menjaga hubungan dengan Allah, juga menjaga hubungan dengan sesama manusia.

Ibadah sunnah yang Allah istimewakan merupakan ibadah yang sebaiknya disegerakan. Jika telah mampu secara fisik dan materi dan niat karena Allah, maka Allah akan memudahkan. Ibadah umroh merupakan momentum untuk lebih dekat kepada Allah, ketika diberikan kesempatan maka sebaiknya dikerjakan dengan sebaik mungkin. Semoga dengan melakukan serangkaian persiapan dan ibadah bisa mencapai ibadah umroh yang mabrur.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.