Beranda » Umroh » Tips Saat Mengunjungi Jabal Nur

Jabal Nur merupakan sebuah bukit bersejarah dimana terdapat sebuah gua bernama gua hiro. Di dalam gua tersebut biasanya Rasulullah melakukan i’tikaf dan mendapatkan wahyu pertama. Oleh sebab itu bukit ini dijadikan sebagai tujuan ibadah umroh.

Namun karena ketinggian bukit tersebut mencapai hingga 2.500 kaki dan memiliki medan yang cukup terjal. Oleh karena itu ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum mengunjungi bukit ini.

Persiapkan Fisik

Untuk dapat mendaki bukit yang memiliki medan yang cukup terjal tersebut, pastilah dibutuhkan kekuatan dari fisik. Pastikan stamina dan kondisi tubuh sedang fit dan jangan sampai memaksakan jika tidak kuat mendaki. Oleh karena itu sebaiknya istirahat yang cukup sebelum memulai mendaki bukit tersebut.

Pahami Bahwa Pendakian Sebagai Upaya Napak Tilas

Sebelum mendaki ada baiknya tanyakan kembali apa tujuan untuk mendaki Jabal Nur. Karena sesungguhnya perjalanan ziarah ini adalah sebagai upaya napak tilas perjuangan yang telah dialami oleh Rasulullah. Dimana beliau mendapatkan wahyu untuk pertama kalinya disana dan diangkat sebagai Nabi dan Rasul terakhir.

Siapkan Perbekalan Secukupnya

Karena perjalanan pendakian yang cukup lama dengan medan terjal dan terus mendaki, maka akan lebih baik jika menyiapkan bekal. Karena siapa tahu di perjalanan nanti merasakan lapar atau haus yang dapat di atasi jika membawa bekal sendiri. Disana memang banyak pedagang yang menjual makanan namun harganya akan jauh lebih mahal.

Membawa Pelindung

Pelindung yang dimaksud disini adalah yang dapat menutupi kepala seperti topi atau payung. Suhu dan cuaca di mekkah pada siang hari terasa panas yakni bisa mencapai hingga 41 derajat celcius. Jika teriknya matahari dapat mengganggu atau mengurangi kenyamanan pada saat mendaki, maka solusinya adalah menggunakan topi atau payung.

Selain itu juga gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari pantulan sinar yang membuat silau dan malah merusak mata.

Pakai Pakaian Yang Menyerap Keringat

Karena cuaca yang dimiliki kota mekkah cukup panas, maka akan lebih baik jika menggunakan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Perjalanan mendaki ini pastinya akan membuat tubuh lebih cepat dan banyak mengeluarkan keringat. Keringat sendiri tidak akan terasa nyaman jika tidak dapat terserap baik oleh pakaian.

Jangan Terburu-Buru

Penting untuk mengatur nafas dan tidak berjalan terburu-buru saat mendaki bukit Jabal Nur. Karena semakin cepat atau terburu-buru orang mendaki, maka akan semakin cepat pula merasa kelelahan. Bukit ini memiliki kemiringan hingga 60 derajat sehingga medan yang ditempuh cukup terjal.

Selain itu dalam ¾ perjalanan tidak ada anak tangga sehingga jika sedang banyak orang atau dalam keadaan berdesak-desakan, jangan memaksa. Biarkan saja mengalah karena keselamatan adalah hal yang paling utama.

Datang Pada Pagi Hari

Karena perjalanan di siang hari lebih beresiko dan melelahkan, akan lebih dianjurkan untuk datang ke Jabal Nur pada pagi hari. Bisa memilih waktu setelah sholat subuh karena pada jam itu suasananya masih cukup sepi dan juga tidak akan terasa panas.

Bawa Uang Pecahan 1 Riyal

Di sepanjang perjalanan mendaki nanti akan banyak ditemukan banyak pengemis. Jika selain ingin berziarah ingin juga melakukan amal lain seperti shodaqoh, maka akan lebih baik jika menyiapkan uang pecahan secukupnya.

Itulah beberapa tips yang harus disiapkan sebelum melakukan ziarah atau pendakian di Jabal Nur. Persiapkan hal-hal tadi dengan sebaik-baiknya karena jika tidak mungkin saja perjalanan pendakian tidak akan berjalan dengan baik. Jangan sampai usaha untuk dapat sampai ke bukit tersebut sia-sia.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.