Home » Umroh » Tuntunan Ibadah Umroh yang Harus Diketahui Sebelum Melaksanakan Umroh

Umrah (haji kecil) merupakan ibadah dengan mengunjungi (ziarah) ke tempat yang pelaksanaannya dapat dilakukan bersamaan atau di luar waktu haji. Waktu pelaksanaan umroh dapat dilakukan di sepanjang tahun sesuai ketentuan masa, kecuali pada waktu-waktu yang tidak diperbolehkan. Meski dapat dilaksanakan sewaktu-waktu, umroh memiliki beberapa tuntunan yang wajib diikuti yang juga membedakannya dengan ibadah lain. Berikut adalah tuntunan ibadah umroh beserta doa dan penjelasannya.

Ihram

Ihram merupakan keadaan seseorang yang telah berniat untuk melakukan ibadah umroh maupun haji. Untuk melakukan ihram, seseorang harus terlebih dulu membersihkan diri baik dari najis maupun hadats dengan cara mandi dan berganti pakaian. Pakaian untuk ihram sendiri memiliki ketentuan khusus yang membedakan antara pakaian laki-laki dan perempuan. Ketentuan pakaian untuk laki-laki yakni dua helai kain putih. Sedangkan pada perempuan, pakaian putih yang menutupi seluruh aurat mulai dari kepala sampai pada kaki. Setelah itu, berniat ihram, lalu melakukan perjalan menuju Masjidil Haram dengan mengucapkan:

Labbaik allahumma labbaik. Labbaik laa syarika laka labbaik. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulk laa syarika lak

Tawaf

Setelah ihram dilakukan dan sampai di Masjidil Haram, tuntunan ibadah umroh yang selanjutnya adalah tawaf. Tawaf merupakan rangakaian ibadah umroh dengan mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali. Jika tidak memiliki wudhu, maka dianjurkan untuk wudhu terlebih dulu. Karena tawaf harus dilakukan saat jamaah dalam keadaan suci. Saat memasuki Masjidil Haram awalilah dengan melangkahkan kaki kanan, sembari mengucapkan:

Bismillah wash sholatu was salamu ‘ala rasulullah. Allahummaftahli abwaba rahmatika

Tawaf dapat dilakukan dari garis lurus dekat hajar aswad dan berakhir di sekat hajar aswad pula. Sunnah yang dapat dilakukan saat bertawaf adalah berlari-lari kecil saat putaran pertama dan berjalan biasa pada empat putaran akhir. Hal ini dilakukan sembari membaca bacaan tawaf.

Ketika jamaah di dekat hajar aswad terdapat beberapa pilihan yang dainjurkan untuk dilakukan, diantaranya sebagai berikut:  

  • Mencium Hajar aswad atau yang disebut dengan
  • Mengusap, menyentuh, sekaligus mencium hajar aswad atau dikenal dengan Istilam dan Taqbil.
  • Mengusap hajar aswad atau menyentuhkan suatubenda yang dipegang, lalu benda tersebut dicium yang disebut
  • Mengucapkan basmallah dan Allahu Akbar sembari melambaikan tangan ke arah hajar aswad.

Sa’i

Dalam tuntunan ibadah umrah setelah tawaf adalah sa’i. Namun, sebelum melakukan sa’i, jamaah terlebih dulu harus shalat dua rakaat di depan maqom Ibrahim. Pada shalat ini dianjurkan membaca surah Al-fatihah diikuti surah Al-Kafirun dan surah Alfatihah diikuti surah Al-Ikhlas pada rakaat kedua. Setelah itu, sa’i dilaksanakan dengan tahap-tahap berikut ini.

  • Berjalan menuju dan menaiki safa seraya menghadap ka’bah.
  • Membaca tahmid tiga kali seseuai sunnah dan berdo’a sebanyak tiga kali.
  • Membaca bacaan do’a sa’i.
  • Turunlah dari bukit safa menuju marwa dengan berjalan cepat antara tanda hijau dan berjalan biasa sebelum dan sesudahnya.
  • Naiklah ke bukit marwa dengan membaca do’a sebagaimana di bukit safa jika memungkinkan.

Tahallul

Bagian keempat dari tuntunan ibadah umroh adalah tahallul yang menandai berakhirnya umroh. Tahallul merupakan diperbolehkannya jamaah umroh untuk melakukan hal yang dilarang saat ihram. Pelaksaaan tahallul sendiri disimbolkan dengan mencukur atau memotong rambut sebanyak tiga helai.  Bagi laki-laki dianjurkan untuk mencukur bersih atau memendekkan rambutnya. Sedagkan bagi perempuan dianjurkan memotong rambutnya sepanjang ruas jari.

Demikian tuntunan ibadah umroh yang patut diketahui oleh umat Islam baik yang berencana atau hendak berangkat umroh. Semoga paparan di atas dapat bermanfaat dan menjadikan amal ibadah umroh dapat berjalan lancar dan diterima.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.