Home » Umroh » Umroh Berapa Hari Dan Kegiatan Apa Saja Yang Dilakukan Saat Umroh

Banyak calon jemaah haji yang baru saja ingin melaksanakan umroh, bertanya-tanya umroh berapa hari? Hal ini juga menimbulkan banyak pendapat. Biasanya, jangka waktu selama umroh itu berbeda beda, karena tergantung pada travel yang bertanggung jawab. Misalnya, ada berapa saja calon jemaah yang umroh, lalu perjalanan yang ditentukan travel, dan juga anggaran yang dimiliki para peserta jemaah.

Sebaiknya memilih perjalanan paket travel umroh sesuai dengan kebutuhan. Jika para jemaah hanya memiliki waktu singkat saja untuk melaksanakan ibadah umroh, alangkah baiknya memilih travel yang tidak memakan waktu banyak. Namun, sebenarnya berapa hari ibadah umroh? Dan apa saja kegiatan yang dilakukan?

Jangka Waktu Umroh Berapa Hari?

Sebenarnya masa waktu umroh hanya satu hari saja di 1 tempat yaitu Masjidil haram, Mekkah. Karena ada kegiatan religi tambahan seperti mengunjungi kota Madinah yang membuat kegiatan umroh biasanya berakhir pada hari ke 6 atau ke 7.

Namun ada pula beberapa paket biro umroh yang menawarkan perjalanan ke negara muslim. Seperti Turki, Yordania, Mesir, Palestina sebagai wisata religi sehingga masa perjalanan umroh ditambah 9 sampai 12 hari. Lalu mengapa perjalanan umroh bisa sampai memakan hari berminggu-minggu?

Karena perjalanan itu sendiri pun dihitung dari Jakarta menuju ke Jeddah memakan waktu sekitar 9 jam. Ketika sampai di Jeddah para jamaah akan menginap di hotel untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan pada keesokan harinya menuju ke Madinah. Saat berada di Madinah para jemaah umroh akan menginap selama 3 hari sembari mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau makam-makam para nabi.

Perjalanan umroh tersebut umumnya akan diberi oleh travel umroh selama 2 kali kegiatan yang dilakukan terjadwal. Jadwal proses umrah tersebut biasanya berdurasi sekitar 6 sampai 12 jam. Perjalanan dimulai sekitar 6 jam dari Madinah menuju mirqot bir Ali sampai ke Mekah, dan melaksanakan ibadah umroh.

Apa Saja Kegiatan Yang Dilakukan Saat Umroh

Saat melakukan ibadah umroh tentu saja ada kegiatan yang juga harus dilaksanakan. Berikut ini adalah kegiatan yang harus dilakukan saat umroh, diantaranya adalah :

1. Melakukan Mandi Janabah

Mandi janabah atau mandi besar merupakan salah satu sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah sebelum melakukan ihram. Semua para jemaah, tidak mengenal laki-laki atau perempuan harus melakukan mandi janabah. Mandi janabah ini dilakukan menggunakan air yang bersih atau suci, namun jika tidak menemukan air bersih bisa dilakukan dengan cara bertayamum.

2. Kegiatan Ihram Dengan Memakai Pakaian Ihram

Lalu para jamaah akan bersiap siap melaksanakan kegiatan ihram dengan memakai pakaian ihram. pakaian ihram antara laki-laki dan juga perempuan pun dibedakan sesuai batasan aurat. Jamaah laki-laki cukup menggunakan selendang putih dan juga sarung atau kain berwarna putih. Sedangkan jamaah perempuan memakai baju yang menutupi aurat tanpa hiasan berlebihan dan juga tanpa cadar serta sarung tangan.

3. Membaca Niat Umroh Dalam Hati

para jamaah membaca niat umroh dalam hati dengan bacaan kalimat Labbaikallahumma ‘umratan. Artinya adalah ‘Aku sambut panggilanMu ya Allah untuk menjalankan umroh’. Lalu mengucapkan kalimat talbiyah.

4. Melaksanakan Tawaf

Tawaf dilakukan sebanyak 7 kali putaran ketika sudah sampai di Ka’bah. 3 putaran dilakukan dengan cepat lalu putaran selanjutnya dilakukan dengan jalan biasa saja. Setiap putaran menyentuh Hajar Aswad dengan tangan kanan Jika memungkinkan untuk mencium Hajar Aswad.

5. Melaksanakan Sholat Dua Rakaat

Salat dua rakaat ini dilakukan tepat berada di belakang makam nabi Ibrahim. Namun bila tidak bisa salat di masjidil haram saja. Pada rakaat pertama membaca surat al-kafirun lalu dilanjutkan dengan rakaat kedua membaca surat al-ikhlas.

6. Mencukur Rambut

Ini merupakan langkah terakhir dalam kegiatan umroh yakni memotong atau mencukur rambut. Kegiatan ini hanya dilakukan oleh para jemaah lelaki saja. Sedangkan cuma perempuan hanya boleh memotong rambut seujung jari kuku saja.

Itulah beberapa penjelasan tentang jangka waktu umroh berapa hari dan juga kegiatan yang dilaksanakan pada saat umroh. Umroh merupakan ibadah bagi umat Islam sebab itu harus benar-benar tahu cara melakukannya. Agar perjalanan umroh dihitung pahala.

# Share this information with your friends

No comments yet

Please write your comments

Your email will not be published. Fields marked with an asterisk (*) are required.

Your Comment*Your Name* Email Address* Your Website

Contact Us

If you have any questions, please contact us.