Beranda » Wisata Bandung » Wisata Bandung Utara » Wisata Alam dan Edukasi Orchid Forest Cikole Lembang

Bandung menjadi salah satu kota yang paling sering dikunjungi. Terlebih karena banyaknya tempat wisata yang menarik dan suhu kota yang sejuk membuat siapapun betah untuk berlama-lama singgah di kota Kembang. Salah satu wisata yang tidak kalah menarik yang wajib untuk dikunjungi adalah Orchid Forest Cikole Lembang. Nah seperti apa ya kira-kira objek wisatanya? Kita simak ulasan berikut ini yuk.

Lokasi Objek Wisata Dan Harga Tiket Masuk

Terletak di Genteng, Cikole, Bandung Barat Regency, Jawa Barat, kurang lebih 20km dari kora Bandung. Orchid Forest Cikole Lembang berfokus pada pengenalan budidaya tanaman anggrek baik dengan metode lokal maupun internasional.

Tidak hanya anggrek dari Indonesia saja, namun varian anggrek dari beberapa negara juga tersedia seperti Venezuela, Argentina, Peru, Filipina, dan Amerika Serikat. Mulai dari anggrek yang umum ditemukan hingga yang langka seperti anggrek hitam dan anggrek kantong semar pun bisa dijumpai disana.

Untuk masuk ke wisata Orchid Forest Cikole Lembang cukup membayar Rp 25.000,00 rupiah untuk hari biasa dan Rp 35.000,00 rupiah untuk akhir pekan, peakseason, dan hari libur.

ktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Orchid Forest Cikole Lembang

Jangan salah, meskipun namanya Orchid Forest Cikole Lembang, namun tidak hanya anggrek saja yang bisa dijumpai disana. Berikut inj wahana dan aktivitas yang bisa dilakukan ketika berkunjung kesana, diantaranya :

1. Sky Bridge

Merupakan jembatan goyang yang terbuat dari kayu dan tali tambang putih sepanjang 50meter. Ketika malam hari lampu-lampu akan menyala karena telah dipasangi sensor cahaya. Tentu saja menambah kesan romantis bagi pasangan yang sedang berkunjung. Harga tiketnya hanya Rp 15.000,00 rupiah/orang.

2. Kegiatan Outbound

Selain menikmati pemandangan variasi bunga anggrek yang cantik, di Orchid Forest Cikole Lembang juga bisa melakukan kegiatan di alam hijau seperti flying fox, airsoft gun, highrope, panahan, dan beberapa permainan outdoor lainnya.

3. Camping Ground

Untuk pengunjung yang ingin menginap baik yang berasal dari Bandung maupun kota kota, wisata Orchid Forest Cikole Lembang juga menyediakan camping ground. Harganya Rp 450.000,00 rupiah / 4 orang dan Rp 950.000,00 rupiah / 9 orang dalam satu malam. Harga tersebut sudah termasuk biaya makan pagi, api unggun, dan jagung bakar.

4. Toko Bunga dan Konsultasi Merawat Anggrek

Pecinta anggrek tentu akan sangat senang ketika berkunjung karena tidak hanya menikmati kecantikan bunga anggrek di Orchid Forest Cikole Lembang, namun juga bisa membeli langsung jenis anggrek yang diinginkan, namun harus siap merogoh kocek yang lumayan mahal. Selain itu disediakan juga konsultasi tentang bagaimana cara merawat bunga anggrek agar bisa tumbuh dengan subur.

5. Rumah Kaca Berbentuk Kubah

Di Orchid Forest Cikole Lembang khususnya di rumah kaca berbentuk kubah pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan kelinci, bahkan bisa memberi makan kelinci tersebut. Selain itu untuk yang suka berolahraga, disana tersedia juga area untuk tenis meja. Jadi pengunjung tetap bisa berlibur sambil berolahraga.

Fasilitas Yang Tersedia Di Orchid Forest Cikole Lembang

Selain wahana dan aktivitas yang bisa dilakukan di Orchid Forest Cikole Lembang, ada beberapa fasilitas yang tersedia guna memanjakan pengunjung, diantaranya:

1. Mobil Golf

Fasilitas ini diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menikmati Orchid Forest Cikole Lembang tanpa harus capek berjalan kaki karena area wisatanya yang sangat luas. Tidak perlu khawatir karena fasilitas ini tidak dikenakan biaya alias gratis dan siapapun bisa menaikinya.

2. Teras Paphio

Merupakan kursi berundak yang terbuat dari kayu membentuk tribun stage. Fasilitas ini biasanya digunakan untuk pagelaran musik ataupun acara yang bertemakan alam. Jadi pengunjung Orchid Forest Cikole Lembang bisa menggunakan fasilitas ini guna menambah kemeriahan acara wisatanya.

3. Cafe

Untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, Orchid Forest Cikole Lembang juga menyediakan cafe dengan berbagai menu makanan dan minuman. Jadi pengunjung tidak akan kelaparan dan kehausan ketika sedang berwisata. Hal ini tentu akan membuat pengunjung semakin nyaman berkunjung ke tempat wisata ini.

4. Spot Foto

Tidak lengkap rasanya jika pergi ke suatu tempat tanpa mengabadikan momentnya. Orchid Forest Cikole Lembang menyediakan banyak spot foto seperti panggung terbuka, rumah pohon, dan rumah kelinci. Pengunjung bebas berfoto sesuai dengan keinginan.

Perlengkapan Yang Harus Dibawa 

Jika ingin datang ke objek wisata ini jangan lupa menyiapkan segala hal yang diperlukan. Diantara barang-barang yang wajib masuk daftar masuk kantong tas diantaranya:

  • Kamera. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan liburan kamu. Hal ini karena Orchid Forest Cikole Lembang memiliki pemandangan yang indah dan cantik tentu akan sayang apabila dilewatkan begitu saja. Jadi pastikan membawa kamera agar bisa berfoto dengan keluarga dan orang-orang tersayang.
  • Perlengkapan Pribadi. Selalu membawa perlengkapan pribadi apalagi jika berencana untuk camping. Pastikan membawa perlengkapan yang cukup seperti baju ganti, obat-obatan, peralatan mandi, dll. Dengan begitu kegiatan camping di Orchid Forest Cikole Lembang akan semakin menyenangkan.
  • Bekal Makanan. Meskipun tersedia cafe di Orchid Forest Cikole Lembang, namun tidak ada salahnya membawa bekal agar ketika sewaktu-waktu dilanda lapar dan haus tidak kebingungan mengingat lokasi yang sangat luas tentu akan menguras tenaga ketika mengelilinginya.

Nah itulah ulasan mengenai Orchid Forest Cikole Lembang. Selain berlibur pengunjung juga akan mendapatkan wawasan dan edukasi mengenai budidaya Anggrek. Siapa yang suka anggrek? Bisa berkunjung ke tempat wisata satu ini ya.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.