Beranda » Wisata Bandung » Wisata Kota Bandung » Wisata Edukasi Museum Geologi Bandung

Liburan bersama keluarga memang sangat penting untuk dilakukan. Karena selain untuk melepas penat karena sibuk bekerja atau menuntut ilmu, liburan juga bertujuan untuk menambah wawasan. Museum Geologi Bandung merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

Tempat wisata ini menjadi tempat wisata populer yang sering kali dikunjungi untuk kegiatan study tour. Untuk lebih mengenal tentang tempat wisata Museum Geologi di Bandung ini, berikut adalah beberapa informasinya

Lokasi Museum Geologi Bandung

Museum ini berlokasi di Jl. Diponegoro No. 57, Bandung, Jawa Barat. Untuk dapat sampai kesini, terdapat 2 jalur alternatif yakni pintu selatan dan pintu utara. Pengunjung dapat melewati kedua jalur tersebut dengan menaiki angkutan berwarna hijau dan hitam dengan jurusan Cicaheum-Ledeng. Untuk informasi lebih lanjut langsung saja hubungi (022) 7203822 atau bisa juga melewati email di museumgeologi@grdc.esdm.go.id.

Wahana Di Museum Geologi Bandung

Tempat wisata ini menyediakan berbagai jenis aktivitas yang dapat menambah wawasan serta ilmu pengetahuan. Jadi ajaklah anak beserta keluarga datang ke Museum Geologi ini agar mengerti tentang sejarah. Berikut merupakan beberapa wahana yang terdapat pada Museum Geologi yang terdapat di Bandung:

1. Wisata Edukasi

Museum ini merupakan tempat yang menyuguhkan berbagai edukasi dengan harga tiket masuk yang terjangkau. Nantinya, pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai koleksi dari Museum Geologi. Banyak benda-benda bersejarah yang terdapat di museum ini dan nantinya aka nada informasi mengenai benda-benda tersebut.

Selain itu pengunjung juga akan diajarkan tentang nilai-nilai sejarah manusia beserta alam disekitar. Hal tersebut sangat berguna sekali untuk para pengunjung terutama untuk pengunjung yang masih pelajar. Museum ini juga menawarkan banyak sekali ilmu tentang geologi seperti hipotesis terjadinya bumi ini.

2. Night At The Museum

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan. Jadwal diselenggarakannya kegiatan ini selalu diumumkan lewat akun twitter @geomuzee. Kegiatan Night At The Museum ini digelar pertama kali pada tahun 2015 saat peringatan Hari Pertambangan dan Energi.

Saat pertama kali memasuki museum ini pengunjung akan merasakan sensasi seperti dalam film “Night At The Museum” karena pada awal perjalanan, pengunjung akan disambut oleh keangka dinosaurus. Banyak pengunjung yang sangat antusias berkunjung ke museum saat ada kegiatan ini, karena pengunjung akan merasakan sensasi berkunjung ke museum pada malam hari.

3. 3D Museum

Dalam museum ini terdapat satu ruang yang terletak pada ujung barat gedung museum, dimana dalam ruangan tersebut terdapat gambar-gambar 3D bertemakan prasejarah. Selain itu pengunjung juga dapat berfoto di dalam ruagan ini dan hasilnya dapat langsung dicetak ditempat. Museum ini dapat dibilang museum yang sangat unik, karena pengunjung akan merasakan sensasi hidup di zaman prasejarah.

4. Wisata Kuliner

Saat kegiatan Night At The Museum berlangsung, pengunjung dapat mencicipi berbagai jenis makanan di food bazaar. Makanan yang tersedia disana dijamin lezat dan membuat pengunjung merasa kenyang. Pengunjung dapat mampir ke tenda-tenda yang menjajakan berbagai macam camilan. Nantinya pengunjung dapat menikmati makanan tersebut di tempat atau bisa juga dinikmati di rumah.

5. Penggalian Fosil

Museum Geologi Bandung menyediakan sebuah wahana untuk anak-anak yaitu menggali fosil. Penggalian fosil tersebut merupakan sebuah media pembelajaran bagi anak-anak yang berkunjung di museum tersebut. Bentuk dari wahana ini adalah kolam pasir yang didalamnya terdapat berbagai replica fosil.

Nantinya anak-anak akan diajarkan untuk merekontruksi tentang tulang belulang yang telah digali agar dapat menyerupai seekor binatang. kegiatan menggali fosil ini sangat mengasikan dan tentunya sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan anak.

6. Taman Batu

Bagi pengunjung yang ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang ilmu kebumian, Museum Geologi Bandung merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Wahana bernama taman batu ini nantinya akan menyuguhkan ilustrasi sederhana mengenai bagaimana batu terbentuk.

Pada wahana ini terdapat puluhan jenis batu beserta penjelasannya. Misalnya saja batu marmer ditemukan pertama kali di Sukabumi, batu sabak berasal dari Banten, batu gamping berasal dari Klaten dan masih banyak lagi.

Itu tadi merupakan beberapa informasi mengenai tempat wisata Museum Geologi Bandung yang saat ini banyak dikunjungi para wisatawan. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Jum’at, dari hari Senin sampai Kamis buka pukul 09.00 sampai 15.30 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka pukul 09.00 sampai 13.30 WIB.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.