Beranda » Wisata Bandung » Wisata Bandung Selatan » Wisata Ranca Upas Ciwidey Bandung yang mepesona

Warga Bandung patut berbahagia karena Bandung terkenal dengan wisata alamnya. Setiap tahunnya wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Bandung untuk berwisata. Terutama mengunjungi Ranca Upas Ciwidey Bandung yang menjadi salah satu bumi perkemahan di Bandung.

Pesona Keindahan Ranca Upass Ciwidey Bandung

Mengunjungi ranca upas ciwidey bandung berarti menginjakkan kaki di Kampung Cai Ranca Upas. Wisata dataran tinggi ini terletak di kawasan Bandung Selatan yang terkenal sejuk dan masih asri dengan hawa dinginnya. Namun fasilitas wisata ranca upas ciwidey sudah lengkap karena seiring waktu terus di tingkatkan agar wisatawan tidak kecewa.

Area ranca upas ciwidey bandung ini sangat luas. Areanya mencapai 215 hektar dan seluruh areanya masih sejuk dan hijau. Hawa di sana cukup dingin karena berada di ketinggian 1700 meter permukaan laut dan masih tergolong hutan lindung daerah Bandung.

Fasilitas Yang Tersedia Di Ranca Upass Ciwidey Bandung

Ranca Upas Ciwidey Bandung merupakan tempat konservasi flora dan fauna seperti Hamirug, Hulu dan Kitambang yang termasuk satwa langka. Berikut ini ada 5 fasilitas yang di suguhkan di objek wisata ranca upas ciwidey, antara lain:

1. Penangkaran Rusa Ranca Upas

Mengenalkan binatang pada anak sangat penting untuk menambah wawasan anak, Ranca upas ciwidey Bandung merupakan tempat yang cocok untuk mengenalkan rusa pada anak. Rusa termasuk hewan yang menjadi daya tarik wisatawan karena rusa termasuk hewan jinak dan bisa berinteraksi dengan manusia, apalagi pengunjung bisa memberi makan rusa dengan membeli wortel seharga 10000-12000 rupiah.

Kegiatan positif ini tentu memberi pembelajaran baru pada anak agar saling menyayangi pada binatang dan melatih anak agar lebih berani dan mengenal alam dan hewan.

2. Ranca Upas Smart Camp

Ranca upas smart camp merupakan fasilitas bumi perkemahan di kampung Cai Ranca, pengunjung bisa menggelar acara bertema alam. Hal ini bisa di manfaatkan untuk sekolah SD-SMA untuk berkunjung ke Ranca Upas Ciwidey Bandung untuk kunjungan alam, berkemah dan kegiatan lainnya.

Pengunjung dapat menyewa tenda maupun peralatan camping, dengan begitu kendaraan tidak akan sempit dan berdesak-desakan dengan peralatan camping maupun tenda.

3. Outbound Ranca Upas

Kegiatan Outbound merupakan fasilitas utama objek wisata Ranca Upas Ciwidey Bandung, kegiatan seru  ini dapat dilakukan bersama keluarga maupun teman sebaya. Hal ini termasuk paket lengkap dan praktis untuk wisatawan umum maupun berkemah.

Adrenalin memang penting untuk menumbuhkan sifat kemandirian dan ketangkasan fisik. Terlebih lagi di wisata Ranca Upas Ciwidey Bandung memberikan beragam pilihan outbound yang dapat di coba, seperti naik sepeda gunung, paint ball, flying fox dan lainnya.

4. Pemandian Air Panas Kampung Cai

Letih bermain Outbound, pengunjung bisa menikmati pemandian air panas wisata Ranca Upas Ciwidey Bandung. Pemandian air panas di kampung Cai ini bukanlah terbuat dari kolam renang yang mengalir hawa panas pada air, namun pemandian air panas ini termasuk pemandian alami dan sumber panasnya berasal dari Gunung Patuha.

Tiket Masuk Ranca Upass Ciwidey Bandung

Sama seperti pemandian di tempat lainnya, pemandian air panas di Ranca Upas Ciwidey Bandung terdapat 2 kolam renang pemandian. Yaitu untuk pengunjung dewasa dan anak-anak, pembagian itu di berlakukan agar anak-anak terbebas dari penyakit yang ditularkan orang dewasa karena kekebalan anak masih rentan.

Kisaran harga pasti menjadi perhatian utama saat berwisata dan menjadi bumerang karena mahalnya tiket masuk, tetapi tidak untuk wisata Ranca Upas Ciwidey Bandung yang menawarkan tiket terjangkau. Untuk kegiatan di wisata Ciwidey juga berfariasi dan tidak terlalu mahal untuk pengunjung umum maupun berkemah.

Untuk harga tiket kegiatan Fun Games sekitar 47.000 rupiah, kolam renang 15.000, tenda pesta 600.000, tenda regu 350.000 untuk 20 orang, jembatan goyang 15.000, sepeda gunung 10.000 dan masih banyak lagi. Cukup murah sekali dan pas untuk dikunjungi bersama orang terdekat

Menjaga alam dan keanekaragam hayati memang sangat penting karena manusia hidup tergantung dari alam. Walaupun perkembangan zaman semakin pesat dan serba canggih, seyognyanya keasrian alam tetap terjaga. Dengan mengajak anak-anak berwisata alam maka anda turut berperan menyadarkan generasi bangsa untuk hal yang positif.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.