Beranda » Umroh » Yuk, Hitung Biaya Visa Umroh dan Simak Tips Pembuatannya

Kini banyak kaum muslim memilih untuk umroh terlebih dahulu karena terlalu lama antre jika menunggu panggilan haji. Jika ingin mewujudkannya, tentunya membutuhkan visa untuk memasukinya. Tentu saja, biaya visa umroh juga patut dipersiapkan.

Visa umroh merupakan dokumen izin untuk mengunjungi tanah suci (Jeddah, Mekah, dan Madinah) yang hanya bersifat hanya untuk umroh. Kedutaan Besar Saudi Arabia melalui perantara agen travel lah yang kemudian mengeluarkan visa ini. Dibutuhkan dokumen persyaratan dan biaya visa umroh agar visa terbit.

Menghitung Biaya Visa Umroh

Harap dipersiapkan dana sekitar 80 USD hingga 125 USD, untuk biaya visa umroh. Perbedaan biaya visa, tergantung keadaan Muassasah, agen travel yang mengurus pembuatan visa umroh, serta musim umroh.

Tips Pembuatan Visa Umroh

Biaya visa khusus umroh dapat dibayarkan setelah MOFA (voucher konfirmasi untuk calon jamaah umroh) dikeluarkan. Namun, MOFA akan dikeluarkan setelah mempersiapkan dokumen pengajuan visa umroh. Rincian tips pembuatan visa umroh telah dirangkum sebagai berikut:

1.  Perhatikan Pihak yang dapat Mengajukan Visa Umroh

Siapa saja dapat mendaftarkan diri untuk beribadah di tanah suci. Namun, dalam proses pengajuannya, hanya dapat dilakukan oleh provider yang telah ditunjuk oleh Kedutaan Besar Arab Saudi, tidak bisa secara perseorangan.

Provider yang dimaksud yakni biro perjalanan haji dan umroh yang telah terdaftar di Kementerian Agama RI. Pemilihan provider ini juga telah disetujui oleh Kementerian Haji Arab Saudi. Oleh karena itu, jika ingin melakukan umroh hendaknya mendaftar ke salah satu provider yang resmi dan terdaftar.

2. Lengkapi Dokumen Persyaratan Visa Umroh

Membutuhkan paspor asli yang berlaku minimal delapan bulan sebelum keberangkatan. Paspor ini diwajibkan memiliki nama yang terdiri dari tiga kata. Kartu keluarga, akta kelahiran, dan buku nikah juga wajib disertakan. Tidak lupa bukti telah vaksin meningitis.

Siapkan surat mahram untuk wanita jika tidak didampingi suami atau keluarga. Bukti transportasi dan akomodasi, serta tiket pesawat juga wajib dilampirkan. Data pihak yang bertanggung jawab, persyaratan yang harus dipenuhi provider umroh juga wajib dilampirkan. Sertakan juga salinan legalitas legalitas agen dan izin umroh.

3. Simak Waktu Pengajuan Visa Umroh

Pengajuan visa umroh dapat dilakukan kapan saja, kecuali di hari Arafah dan hari Tasrik. Penentuan waktu tersebut menggunakan penanggalan kalender Hijriah, bukan Masehi. Waktu pengajuan visa umroh biasanya di awal bulan Safar hingga bulan Ramadhan.

4. Ketahui Durasi Pembuatan Visa Umroh

Durasi pembuatan visa mulai dari pengajuan MOFA, pengumpulan dokumen persyaratan lengkap, hingga penerbitan visa umroh. Tidak pasti berapa lama durasi pembuatan visa umroh, tergantung kondisi seperti faktor peserta, provider, Muassasah, dan Kedutaan Besar Arab Saudi.

Oleh karena itu, lebih baik lakukan pendaftaran visa paling tidak 2 – 4 minggu sebelum keberangkatan. Pastikan semua persyaratan sudah lengkap dan sesuai, serta kondisi antrian normal. Untuk high season umroh, biasanya terjadi di bulan Rajab, Syaban, dan Ramadhan.

5. Pahami Teknis Pembuatan Visa Umroh

Calon peserta umroh dapat mendaftar visa melalui biro haji dan umroh. Biro haji sebagai provider mengurus MOFA dan mendaftarkan visa calon peserta umroh ke Kedutaan Besar Arab Saudi.

Muassasah sebagai penyelenggara umroh di Arab Saudi ditunjuk kementerian haji untuk menerbitkan MOFA. Kedutaan Besar Arab Saudi sebagai pihak yang menerima dan memeriksa semua berkas aplikasi dan menerbitkan visa untuk umroh.

Demikian informasi mengenai biaya visa umroh dan tips pembuatannya. Semoga dapat memberikan gambaran dan dapat mempersiapkan lebih matang ketika ingin mengajukan visa. Jangan lupa untuk teliti dalam memilih provider yang sudah terdaftar Kementerian Agama RI agar perjalanan umroh terjamin dan aman.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.